Timeboxing : Teknik Produktifitas yang Digunakan Elon Musk

Timeboxing merupakan strategi yang digunakan oleh beberapa pebisnis dunia seperti Elon Musk dan Bill Gates untuk meningkatkan produktifitas dalam berbagai kegiatan.

“Sumber daya terbaik anda adalah waktu Anda.”

– Brian Tracy

Buat kamu yang sering merasa kesulitan mengatur waktu dalam menyelesaikan berbagai macam kegiatan sehari-hari, kamu bisa mencoba strategi timeboxing ini.

Selain bertujuan untuk meningkatkan produktifitas, menerapkan strategi timeboxing juga bisa membuat waktumu lebih efektif untuk menyelesaikan pekerjaan dan kegiatan lainnya.

Apa itu Timeboxing?

Timeboxing merupakan teknik mengelola waktu dengan cara menetapkan jumlah waktu yang tetap untuk setiap tugas ataupun kegiatan.

Orang yang super sibuk seperti Elon Musk mampu mengatur waktunya dengan baik menggunggakan teknik ini.

Hal itulah yang membuat dia bisa bekerja 80 jam lebih setiap minggu, namun tetap punya waktu untuk aktifitas lain seperti hobi, keluarga dan juga fitness.

Manfaat menerapkan teknik timeboxing

Timeboxing bukan satu-satunya cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas. berbagai penelitian menunjukkan ada ratusan peretasan produktifitas yang bisa membantu seseorang lebih produktif.

Efektif atau tidaknya teknik tersebut menurut saya tidak tergantung pada tekniknya, melainkan seberapa besar keinginan dan keyakinan orang untuk menggunakan teknik tersebut.

Sebelum kamu memutuskan menggunakan teknik ini, kamu perlu tahu beberapa manfaatnya berikut ini.

  1. Menghindarkan kamu dari membuang-buang waktu karena kamu sudah memiliki alokasi waktu yang jelas. mulai dari pekerjaan satu dan berpindah ke pekerjaan berikutnya.
  2. Meningkatkan fokusmu karena urgensi waktu yang sudah kamu tentukan
  3. Menjadi alat yang bisa membantumu melacak setiap kegiatan yang kamu lakukan pada hari-hari sebelumnya. sehingga membuatmu tetap pada jalur.
  4. Memastikan anda mendapatkan jeda waktu untuk istirahat diantara tugas satu dengan tugas berikutnya.

Cara menggunakan teknik timeboxing

Tertarik mencoba teknik ini? berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan teknik timeboxing.

Hal penting yang harus kamu pahami sebelum mencoba teknik ini adalah meyakinkan diri kamu untuk benar-benar melaksanakan kegiatan sesuai dengan jadwal yang kamu buat.

1. Tulis pekerjaan yang akan kamu lakukan.

seseorang yang sedang menulis di sebuah buku

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menerapkan teknik ini adalah menulis semua daftar pekerjaan yang akan kamu lakukan hari itu.

Ditulis dimana? bebas

Usahakan untuk menulis secara urut, mulai dari pekerjaan yang harus segera kamu selesaikan hingga pekerjaan yang tidak terlalu mendesak.

Beberapa hal penting yang harus kamu tahu saat menulis daftar pekerjaan diantaranya.

  • Miliki prioritas untuk menyelesaikan 3 pekerjaan yang paling penting
  • Pahami tujuan dari setiap pekerjaan yang kamu miliki
  • Jangan berusaha menulis terlalu banyak hal untuk dikerjakan
Baca juga : 4 Kesalahan Membuat To Do List yang Baru Saya Sadari

2. Perkirakan waktu yang dibutuhkan

Selanjutnya, perkirakan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan masing-masing pekerjaan tersebut.

Usahakan untuk mengalokasikan waktu seefektif mungkin, karena semakin banyak waktu yang kamu alokasikan, semakin lama pula kamu akan menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Jika tidak percaya kamu bisa membuktikannya sendiri. misalnya sebuah pekerjaan yang secara normal bisa kamu selesaikan dalam waktu 30 menit, namun kamu alokasikan waktu selama 1 jam. maka kemungkinan besar kamu akan menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu 1 jam bahkan lebih.

3. Mulailah membuat blok waktu atau timeboxing

Langkah berikutnya kamu sudah bisa mulai membuat blok waktumu, kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia di internet atau cukup menggunakan kalender yang ada di laptop.

Maksimalkan waktu yang sudah kamu tentukan untuk menyelesaikan pekerjaanmu. karena ketika waktunya selesai, kamu harus segera berpindah ke pekerjaan selanjutnya.

4. Jangan lupa memberikan waktu jeda

Kamu butuh jeda beberapa menit agar bisa tetap kembali fokus dan produktif.

Selain meberikan waktu untuk semua daftar pekerjaan, kamu juga harus memberikan sedikit waktu untuk beristirahat.

Jeda waktu 5 menit saja sudah cukup untuk membantumu kembali rileks dan melanjutkan tugasmu.

Saran saya, jangan membuka smartphone kamu ketika jeda waktu ini, karena itu akan menjadi distraksi yang cukup besar, bisa-bisa kamu justru terlalu asik dengan apa yang sedang kamu buka di smartphone.

Baca juga : 5 Tips Cerdas Mengatur Waktu agar Kamu Lebih Produktif

Tools yang bisa kamu gunakan

Sebagai penunjang buat kamu yang ingin mencoba teknik ini, kamu bisa menggunakan beberapa tools berikut. cukup pilih salah satu saja yang menurut kamu paling mudah digunakan.

1. Google Calender

tampilan google calender

Pertama, kamu bisa memanfaatkan google calender.

Tool ini bisa kamu akses dari berbagai perangkat, baik itu laptop, tablet maupun smartphone, kamu tinggal menginstall kemudia log in ke akun email kamu dan aplikasinya sudah bisa digunakan.

Jika mengakses menggunakan laptop, kamu juga bisa membukanya di browser.

Selain untuk mencatat daftar tugas beserta alokasi waktunya, kamu juga bisa mengaturnya untuk memberikan notifikasi sebelum alokasi waktumu habis.

2. macOS Calender

tampilan macos calender

Tidak jauh beda dengan google calender, tampilan macOS calender sebenarnya sama saja.

Namun, kamu hanya bisa menggunakan tool ini di perangkat Apple saja, baik itu di iPhone, iPad, iMac, maupun MacBook.

Baca juga : 3 Benda ini Membuat Produktifitas Saya Meningkat 70%

Kesimpulan

Menerapakan teknik timeboxing bisa membantumu meningkatkan produktifitas. selain itu, teknik ini juga bisa membuat waktumu lebih efektif untuk setiap pekerjaan.

Jika memang saat ini kamu punya masalah dengan produktifitas, cobalah menggunakan teknik ini setidaknya dalam waktu satu bulan. Setelah itu kamu bisa melakukan evaluasi sendiri apakah teknik ini bisa bekerja untuk kamu atau tidak.

1 Shares
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like