Teknik Pomodoro : Solusi Sederhana Meningkatkan Fokus

Teknik pomodoro adalah solusi buat kamu yang ingin lebih fokus dan produktif.”

Pernah nggak kamu mengalami hal ini? Pekerjaan yang seharusnya bisa selesai dalam waktu 2 jam saja, ternyata baru bisa kamu selesaikan dalam waktu 4 jam bahkan lebih.

Jika sering mengalami hal itu, Mungkin ada yang salah dengan time management kamu, atau bisa jadi karena kamu sering kehilangan fokus saat menjalankan pekerjaan tersebut.

Tapi jangan khawatir. Teknik pomodoro bisa menjadi solusi paling sederhana yang harus kamu coba untuk meningkatkan fokus agar lebih produktif.

Pada artikel ini kita akan membahas detail tentang definisi, manfaat, alat, serta cara menggunakan teknik pomodoro yang efektif. Baca artikel ini sampai akhir!

Apa itu teknik pomodoro?

Teknik pomodoro adalah metode pengaturan waktu yang dikembangkan oleh Fransesco Cirillo pada akhir tahun 1980. Pomodoro sendiri diambil dari bahasa spanyol yaitu pomodoro yang artinya tomat.

Saat masih menjadi mahasiswa, Cirillo menggunakan timer dapur yang berbentuk tomat untuk mengatur fokusnya selama belajar.

Prinsip dari teknik ini adalah memberikan kamu waktu tertentu untuk fokus dan juga interval untuk beristirahat. Dengan begitu, diharapkan kamu tetap bisa fokus dan bisa menggunakan waktu lebih efektif.

Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut :

  • 25 menit untuk fokus bekerja atau belajar
  • 5 menit untuk beristirahat sejenak

Kamu harus berusaha fokus bekerja selama 25 menit dan ketika waktu itu habis kamu bisa mengambil istirahat selama 5 menit. Kegiatan tersebut bisa kamu ulangi selama 4 babak.

Manfaat teknik pomodoro

Photo by George Milton from Pexels
  • Meningkatkan fokus

Berdasarkah hasil sebuah penelitian menyebutkan, bahwa kemajuan teknologi saat ini menyebabkan kemampuan fokus manusia semakin menurun.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan teknik pomodoro. Batasan waktu yang kamu tentukan akan memaksamu untuk fokus dalam satu pekerjaan.

Cobalah untuk rutin menggunakan teknik ini agar kemampuan fokusmu terus meningkat.

  • Memanfaatkan waktu lebih efektif

Sebelumnya mungkin kamu banyak membuang waktu karena tidak ada waktu yang jelas untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Namun, saat kamu menerapkan pomodoro. Mau tidak mau kamu harus bisa memanfaatkan waktu seefektif mungkin karena jumlahnya terbatas.

  • Menjadi lebih produktif

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan juga terkadang memaksa kita untuk multitasking.

Tetapi buat kamu yang tidak memiliki kemampuan untuk multitasking, menerapkan teknik pomodoro akan jauh membuatmu lebih produktif. Karena kamu akan menyelesaikan pekerjaanmu satu per satu dengan waktu yang terukur.

  • Melatih cara berfikir cepat

Keterbatasan waktu yang kamu miliki akan membuat kamu untuk berfikir cepat dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Jika cara kamu menyelesaikan pekerjaan selama ini ternyata tidak efektif, kamu juga harus menemukan cara yang mungkin lebih cepat untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Baca juga : 5 Kunci Konsisten yang Membantumu mencapai Apapun yang Kamu Inginkan

Alat yang digunakan pada teknik pomodoro

Seiring dengan berkembangnya teknologi, teknik ini tidak lagi hanya menggunakan timer dapur berbentuk tomat saja.

Banyak alternatif alat yang sudah dikembangkan dan bisa kamu gunakan dengan mudah. Saya membaginya menjadi dua jenis yaitu timer manual dan timer berbasis website.

Timer manual

Alat pertama adalah alat penghitung waktu yang harus kamu atur secara manual. Contohnya seperti penghitung mundur, stopwatch dan lain sebagainya.

Cara penggunaanya tidak sulit, kamu tinggal mengatur penghitung mundur selama 25 menit dan jika waktu habis maka akan mengeluarkan bunyi. Begitu seterusnya.

Timer berbasis website

Alat yang kedua ini sedikit berbeda. Jika sebelumnya kamu harus mengatur jumlah waktunya sendiri, kali ini kamu tinggal membuka website dan menekan tombol mulai.

Karena website-website berikut ini memang secara khusus dibuat untuk kamu yang ingin menggunakan teknik pomodoro. Berikut adalah beberapa websitenya.

Ketiga alat tersebut memiliki fitur yang tidak jauh berbeda. Kamu bisa menentukan tugas yang ingin dikerjakan, lamanya waktu fokus, serta waktu interval.

Setiap alat tersebut juga akan memberikan bunyi alarm yang berbeda-beda ketika waktu sudah habis.

Tapi jika ditanya alat mana yang paling recomended, saya akan memilih pomodor. Selain semua pengaturannya lengkap, tampilan dari website ini lebih menarik dibanding yang lainnya. Satu lagi keunggulannya yaitu pomodor memiliki fitur dark mode.

Cara melakukan teknik pomodoro

tahap tahap menerapkan teknik pomodoro
Medium

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menerapkan teknik pomodoro.

  1. Tentukan tujuan. Langkah pertama, tentukan satu tugas atau pekerjaan yang ingin kamu selesaikan.
  2. Atur waktu selama 25 menit. Kamu bisa menggunakan salah satu alat diatas untuk menerapkan teknik ini, pilih yang paling mudah buat kamu.
  3. Kerjakan sampai waktu habis. Berusahalah untuk fokus mengerjakan tugasmu dan berhentilah jika waktu habis, meskipun tugasmu belum selesai. Jangan lupa untuk menjauhkan segala distraksi dari jangkauanmu.
  4. Jeda istirahat selama 5 menit. Setalah waktu fokusmu berakhir, kamu bisa mengambil jeda pendek selama 5 menit. Manfaatkan waktu ini untuk mengambil minum, ke toilet, atau mengecek hp jika diperlukan. Ulangi tahap 2-3 selama 4 babak.
  5. Jeda istirahat selama 15-30 menit. Setelah mengulang-ulang tahap sebelumnya selama 4 babak, kamu bisa mengambil jeda istirahat selama 15-30 menit.

Kamu akan kesulitan dan merasa diburu waktu ketika baru mencoba teknik ini. Namun, jika kamu sering berlatih dan mengulang-ulang setiap hari. Kemampuan fokusmu akan meningkat dan kamu akan jauh lebih produktif.

Baca juga : Timeboxing : Teknik Produktifitas yang Digunakan Elon Musk

Waktunya kamu mencoba teknik pomodoro

Teknik pomodoro akan membantu kamu memanfaatkan waktu lebih efektif. Dengan begitu, pekerjaanmu akan cepat selesai dan bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

Teknik ini tidak hanya bisa digunakan untuk bekerja. namun cocok juga buat kamu yang masih pelajar atau mahasiswa agar bisa fokus ketika belajar.

Sekarang waktunya kamu mencoba sendiri teknik pomodoro!

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga bermanfaat.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like