7 Cara Mudah Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Jadilah lebih percaya diri dengan cara-cara yang sederhana.

Meningkatkan rasa percaya diri akan sangat bermanfaat buat kamu yang ingin hidup lebih optimis dan bisa mencapai kesuksesan.

One important key to success is self-confidence. An important key to self-confidence is preparation.

– Arthur Ashe

Banyak efek negatif yang ditimbulkan dari rasa tidak percaya diri. Mulai dari sulit bersosialisasi, sulit mengambil keputusan, menghambat pekerjaan yang pada akhirnya bisa membuat banyak peluang yang terlewatkan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang kurang percaya diri cenderung menutup diri, mudah frustasi ketika menghadapi kesulitan, canggung dalam menghadapi orang, dan sulit menerima realita dirinya.

Jika kamu sering merasa kurang percaya diri, beberapa cara berikut bisa kamu coba untuk meningkatkan rasa percaya diri agar bisa menjadi pribadi yang terus berkembang.

Cara meningkatkan rasa percaya diri

Kepercayaan diri bukanlah sikap yang dibawa seseorang sejak lahir.

Kamu bisa mengembangkan sikap ini dengan melatih dan membiasakan diri melalui berbagai aktivitas yang bisa membuatmu lebih percaya diri.

Pada intinya, kepercayaan diri bisa dimiliki oleh siapapun jika dia mau melatih dan mengembangkannya.

1. Ketahui penyebab tidak percaya diri

Ketika kamu menghadapi sebuah masalah, yang harus kamu lakukan adalah mengetahui masalah tersebut. Baru setelah itu kamu mencoba untuk mencari solusinya.

Begitu pula dengan kepercayaan diri. Kamu harus bisa menemukan penyebab yang membuatmu merasa kurang percaya diri.

Tulislah daftar hal yang membuatmu tidak percaya diri. Selain itu, kamu juga harus mengingat kembali kondisi-kondisi yang membuatmu tidak percaya diri.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk mencari solusi sesuai dengan permasalahan yang kamu hadapi.

2. Perbaiki penampilan

Salah satu masalah yang sering membuat orang tidak percaya diri adalah takut dianggap remeh dan sejenisnya.

Jika kamu merasa itu masalahmu, cobalah untuk memperbaiki penampilanmu.

Pergilah untuk memangkas rambutmu dengan model yang cocok, gunakan pakaian yang nyaman dan membuat kamu tampil lebih menarik, dan cobalah untuk memakai parfum ketika bertemu dengan orang lain.

Memperbaiki penampilan bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang sekaligus merubah pandangan orang lain.

kamu tidak harus menggunakan pakaian atau jam tangan mahal. Cukup gunakan sesuatu yang cocok dan membuat diri kamu tampil lebih baik. Jangan juga terlalu berlebihan dalam penampilan karena itu juga akan mempengaruhi pandangan seseorang terhadapmu.

Baca juga : 7 Kebiasaan orang sukses yang haru kamu tiru

3. Jangan berlebihan memandang orang lain

Terlalu berlebihan memandang kondisi orang lain juga bisa menurunkan rasa percaya diri kamu. Maksudnya, meskipun kamu tahu bahwa teman kamu lebih pintar, punya banyak pengalaman dan lain sebagainya, jangan berlebihan dalam memandang hal tersebut.

Berlatihlah untuk memandang setiap orang secara netral, lihatlah bahwa tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok antara kamu dan dia.

Kalian sama sama manusia yang bisa belajar, tumbuh dan berkembang menjadi apapun yang diinginkan. yang terpenting adalah kalian bisa menghargai satu sama lain.

Orang lain penting, semua manusia penting, namun ingat pula : anda juga penting. Hargai orang lain namun jangan lupa hargai dirimu sendiri di depan orang lain.

-The magic of thinking big

4. Kembangkan pola pikir positif

Cara meningkatkan rasa percaya diri berikutnya yaitu dengan mengembangkan pola pikir positif. Jika sebelumnya kamu sering mengeluh ketika menghadapi sebuah masalah, cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut.

Jangan jadikan sebuah masalah sebagai sesuatu yang menghambatmu. Tapi, jadikan masalah sebagai sesuatu yang membuatmu menjadi seseorang yang lebih baik.

Selalu ada sisi positif yang bisa kamu lihat dari setiap kejadian yang kamu alami. Semakin sering kamu melatih diri untuk melihat hal tersebut. Secara perlahan kepercayaan dirimu akan terbentuk dengan sendirinya.

Baca juga : 3 Kebiasaan yang Membuat Diri Kamu Lebih Baik Setiap Hari

5. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Bagi para milenial yang hidup di masa serba instan dan cepat. Sulit sekali rasanya untuk tidak membandingkan diri dengan orang lain.

Namun, hal inilah yang justru membuat kamu menjadi tidak percaya diri. Karena kamu menganggap bahwa temanmu lebih baik, lebih sukses dan lebih pintar daripada kamu.

Membandingkan diri dengan orang lain akan memupuk rasa tidak percaya diri dan bisa menimbulkan efek negatif lainnya. Contohnya seperti kecewa pada diri sendiri, merendahkan diri dan lain sebagainya.

Masing-masing orang punya waktunya sendiri untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. jika kamu mendapati diri kamu mulai membandingkan diri dengan orang lain, cobalah katakan ini pada dirimu.

"Dia lebih kaya bukan berarti karena lebih pintar dari aku, hanya saja dia lebih dulu menemukan jalannya"

6. Carilah lingkungan yang mendukung

Meningkatkan rasa percaya diri bisa kamu lakukan lebih cepat jika lingkungannya mendukung.

Rasa tidak percaya diri tidak selalu berasal dari dalam diri kamu, tapi bisa juga berasal dari luar diri kamu. Contohnya seperti teman yang sering meremehkan atau rekan kerja yang tidak percaya pada kemampuanmu.

Jika mungkin untuk dilakukan, cobalah untuk menghindari lingkungan seperti itu. Carilah lingkungan yang bisa saling menghargai apapun kondisinya.

Tapi jika tidak memungkinkan, kamu bisa mulai dengan mengurangi interaksi dengan orang orang yang justru membuat kamu semakin tidak percaya diri.

7. Jangan meremehkan diri sendiri

Jika kamu saja tidak bisa menghargai diri sendiri, bagaimana dengan orang lain?

Don’t take it lightly. If you don’t believe in yourself, no one else will. Have some confidence.

– Cathy Moriarty

Mulailah untuk menghargai apapun usaha yang kamu lakukan, meskipun itu terlihat kecil. Dengan membiasakan hal ini, kamu akan menganggap bahwa diri kamu adalah seseorang yang berharga.

Setiap usaha yang kamu lakukan adalah baik dan bisa membawamu menjadi seseorang yang terus berkembang.

Meremehkan diri sendiri hanya akan membuatmu semakin terpuruk dan kesulitan untuk membangun rasa percaya diri.

Baca juga : 7 Langkah Menemukan Versi Terbaik Diri Kamu

Jadikan diri kamu lebih percaya diri!

Kamu bisa menjadi seseorang yang lebih percaya diri dengan menerapkan beberapa cara diatas dalam kehidupan sehari-hari.

Jadilah orang yang percaya bahwa diri kamu memiliki nilai yang patut dibanggakan dan harus terus dikembangkan. Seiring berjalannya waktu, kepercayaan diri itu akan tumbuh dengan sendirinya dan kamu menjadi seseorang yang jauh lebih percaya diri.

Selain beberapa cara di atas, beberapa waktu lalu ketika saya membaca buku The Magic of Thinking Big, saya juga menemukan teknik untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Berikut ini adalah beberapa teknik meningkatkan kepercayaan diri yang disarankan di buku tersebut.

  • Duduk di barisan paling depan
  • Lakukan kontak mata
  • melangkah lebih cepat dari biasanya
  • berlatihlah bicara dan mengutarakan pendapat
  • tersenyumlah selebar mungkin

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga setelah ini kamu bisa menjadi seseorang yang jauh lebih percaya diri.

9 Shares
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like