5 kursus online yang saya beli untuk meningkatkan skill di 2021

Salah satunya saya belajar tentang cara mencapai 100 juta pertama!

Kursus online saat ini menjadi sumber belajar andalan saya dalam mempelajari sebuah skill.

Dibandingkan belajar secara mandiri melalui youtube ataupun sumber lainnya secara gratis, saya memilih mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli kursus online yang saya butuhkan.

Saya merasa, belajar melalui kursus online jauh lebih mempersingkat waktu. Karena semua materi sudah disusun sedemikian rupa sehingga mudah dipelajari dan dipahami. Mulai dari hal yang paling dasar, hingga yang paling kompleks.

Berbeda ketika harus belajar melalui youtube, saya membutuhkan waktu lebih lama karena harus mencari materi-materinya sendiri dan mengumpulkannya menjadi pengetahuan yang utuh.

Setiap online course yang saya beli juga sekaligus sebagai investasi leher keatas yang tidak akan membuat saya rugi sampai kapanpun. Saya yakin, sesederhana apapun yang kita pelajari hari ini, pasti akan berguna di kemudian hari.

Kali ini, saya akan menunjukkan kepada kamu beberapa kursus online yang saya beli di 2021. Saya mempelajari berbagai hal yang berbeda mulai dari editing foto, optimasi instagram, penulisan, hingga belajar tentang mindset.

#1. Lightroom masterclass – Phil Ebiner

tampilan sebuah kursus online di udemy

Beberapa tahun terakhir saya sangat tertarik dengan dunia fotografi, dimulai ketika saya masih duduk di bangku kuliah.

Entah apa alasannya, saya merasa senang ketika mendapatkan peran sebagai fotografer di sebuah acara kampus. Sejak saat itu juga saya mulai bergabung di komunitas fotografi dan sinematografi yang ada di kampus.

Seiring berjalannya waktu, saya mulai bisa mengubah skill tersebut menjadi sumber penghasilan. Meskipun memang belum seberapa, saya tetap menganggap itu sebagai sebuah proses yang patut saya banggakan.

Dulu, saya pernah berpikir menjadikan skill ini sebagai sebuah profesi, maka dari itu saya merasa butuh untuk mempelajari skill pendukungnya. Skill-skill yang bisa meningkatkan nilai saya sebagai seorang fotografer.

Akhirnya saya memutuskan untuk belajar lebih dalam lagi tentang editing foto dengan membeli sebuah online course.

Berdasarkan hasil review, saya menemukan sebuah kursus online editing foto di Udemy. Dari kursus tersebut saya mempelajari berbagai hal teknis dalam editing foto. Mulai dari teknik yang paling dasar hingga cara-cara yang belum pernah saya temui sebelumnya.

Video kursus tersebut kurang lebih berjumlah 17,5 jam. Lebih detail tentang kursus tersebut bisa kamu cek disini (bukan link affiliasi)

Buat kamu yang ingin belajar tentang editing foto menggunakan Adobe Lightroom, saya merekomendasikan kursus ini. Karena materinya sangat lengkap dan bisa langsung kamu praktikkan.

Saya merasa pengetahuan dan skill editing foto saya jauh lebih baik setelah mempelajari kursus tersebut. Namun, untuk mendapatkan hasil yang baik, tentunya harus sering-sering berlatih.

Meskipun saya sudah berusaha untuk mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan dunia fotografi. Dengan berbagai pertimbangan, pada akhirnya saya memutuskan untuk tidak menjadikan ini sebagai sebuah profesi utama.

Bukan karena tidak mampu melihat peluang atau tidak mau bersaing. Tapi saya merasa fotografi hanya sebagai hobi saja yang sesekali bisa saya manfaatkan untuk mendapat penghasilan tambahan.

#2. Kelas menulis cerita – Raditya Dika

poster workshop kelas menulis raditya dika

Selain tertarik di dunia fotografi, sejak kuliah juga saya mulai mengenal blogging. Hal itu bermula dari salah satu tugas di salah satu mata kuliah.

Hingga pada akhirnya saya cukup kenal dekat dengan dosen mata kuliah tersebut, saya sudah pernah menceritakan tentang perjalanan nge-blog saya di platform quora. Jika tertarik, kamu bisa membacanya disini.

Bahkan setelah lulus kuliah, saya ikut bekerja di bisnis yang dirintis oleh dosen saya tersebut. Mulai dari mengelola channel youtube, mengelola affiliate, hingga yang terakhir di bagian digital marketing.

Salah satu alasan saya mengikuti kelas menulis cerita adalah karena saya tertarik untuk kembali menekuni dunia blogging. Saya berpikir untuk memulai profesi sebagai seorang content writer.

Itulah awal dimana saya mengambil keputusan untuk resign dari pekerjaan saya dan memulai karir baru sebagai seorang content writer. Saya tidak akan pernah tahu hasilnya jika saya tidak pernah memulai.

“The only impossible journey is the one you never begin.” – Tony Robbins

Bisa dibilang ini adalah keputusan paling berani yang saya ambil di 2021, karena dengan keputusan ini saya harus rela kehilangan sumber pendapatan utama saya.

Salah satu hal yang juga membuat saya cukup yakin mengambil keputusan ini adalah ungkapan Raditya Dika di salah satu videonya, yang intinya:

Saya tidak ingin ketika tua nanti, saat saya di tempat tidur dan menatap langit-langit, penyesalan itu datang. 

Kenapa ya saya dulu tidak melakukan hal ini? 

kenapa ya dulu saya tidak mencoba hal itu? 

Kalau saja dulu saya mencoba hal itu, mungkin hari ini kondisinya akan berbeda.

Penyesalan itulah yang tidak mau saya rasakan nantinya. Saya tertarik menjadi seorang content writer, maka saya harus memulai melakukan sesuatu untuk mewujudkannya. Meskipun resikonya saya harus meninggalkan pekerjaan saya sebelumnya.

Sudah sampai disitu dulu ceritanya, lanjut lagi soal kelas menulis cerita lagi ya. hehe

Sayangnya tidak banyak yang saya pelajari dari kursus online kelas menulis cerita. karena kalau tidak salah waktu itu kelas dimulai siang hari dan kondisi saya sedang lelah. Jadi, saya mengikuti kelas online tersebut dalam kondisi mengantuk.

Namun, ada satu pengetahuan baru dari kelas online tersebut yang masih saya ingat sampai sekarang, yaitu tentang plot sebuah cerita.

Beberapa waktu lalu saya ingat bahwa waktu itu saya sempat mengunduh file materi dalam bentuk PPT. Setelah saya cari lagi, sepertinya file tersebut sudah hilang.

#3. Instagram Hack – @mudacumasekali

poster kursus online instagram hack

Setelah memutuskan untuk resign dan memulai karir baru, saya berfikir untuk mulai membangun personal brand di media sosial.

Saya merasa instagram menjadi saah satu tempat yang cocok untuk membangun personal brand. Saat itulah saya merasa membutuhkan ilmu tentang membangun personal brand yang baik di instagram.

Banyak sekali kelas online tentang membangun personal brand di instagram, namun akhirnya saya memilih salah satu yaitu instagram hack yang dibuat oleh mudacumasekali.

Saya sudah siap kecewa dengan materi yang mungkin saja tidak sesuai dengan ekspektasi. Tapi syukurlah, materi yang dibahas di online course ini cukup lengkap. Selain itu, penjelasan yang diberikan di setiap videonya juga sangat mudah dipahami.

Cukup banyak ilmu baru yang saya dapatkan dari kelas online tersebut yang belum pernah saya temui sebelumnya. Salah satunya yaitu tentang mindset yang harus dimiliki dalam membangun personal branding.

Jika kamu berniat membangun personal branding di instagram, kamu juga bisa mulai belajar dari kelas instagram hack seperti saya.

Sampai hari ini, saya masih memanfaatkan pengetahuan dari online course tersebut untuk membuat konten di instagram.

#4. Mencapai 100 juta pertamamu! – Jonathan End

poster webinar mencapai 100 juta pertamamu

Sebenarnya ini bukan kursus online, melainkan sebuah webinar. Tapi ini menjadi salah satu investasi yang menurut saya cukup bermanfaat.

Memulai karir baru dengan sisa-sisa tabungan dari pekerjaan sebelumnya, membuat saya harus belajar mengatur keuangan sampai bisa menemukan pekerjaan baru. Selain itu, saya juga harus belajar bagaimana caranya meningkatkan sumber penghasilan.

Entah kebetulan atau memang sebuah keberuntungan, saya menemukan webinar ini. Dengan berbagai pertimbangan, saya memutuskan untuk mengikuti webinar yang berjudul Mencapai 100 juta pertamamu!.

Judul webinarnya jelas sangat menarik, tapi yang perlu kamu pahami ketika mengikuti sebuah kelas online adalah pemateri hanya berperan sebagai penunjuk jalan. Berhasil atau tidaknya tergantung pada apa yang kamu lakukan.

“The great aim of education is not knowledge but action.” -Herbert Spencer

Dari webinar tersebut, saya mendapatkan beberapa pengetahuan baru tentang cara meningkatkan penghasilan.

Jonathan End sendiri merupakan seorang growth consultant. Dia sering membagikan konten-konten yang bernilai di instagram pribadinya. Tidak hanya itu, dia juga sering membahas dan menjawab pertanyaan followernya di instagram stories.

Berikut adalah beberapa hal yang diajarkan di webinar “Mencapai 100 juta pertamamu!

  • Membuka mindset baru dalam melihat uang
  • Melihat peluang dan cara untuk meningkatkan penghasilan
  • Strategi pengelolaan uang agar bisa menghasilkan lebih banyak uang

Saya tidak tahu apakah webinar ini masih akan diselenggarakan lagi atau tidak. tapi setelah saya cari-cari, ternyata rekaman webinarnya bisa kamu beli secara online.

#5. Master reels – @instacoachmike

Instagram reels menjadi salah satu fitur baru instagram yang saat ini banyak digunakan. Saya yakin, sekarang ini kamu juga lebih banyak melihat video di reels dibandingkan melihat postingan feed.

Instagram reels mampu menjangkau lebih banyak orang diluar followers. Hal itu menjadi salah satu kelebihan yang membuat banyak orang menggunakannya.

Dalam proses membangun personal branding, saya merasa butuh untuk memaksimalkan fitur yang satu ini untuk menjangkau lebih banyak orang. Dari situlah saya memutuskan untuk membeli online course yang diberi nama Master Reels.

Jika sebelumnya di kelas instagram hack saya belajar berbagai hal yang dibutuhkan untuk membangun personal brand di instagram. Di kursus online master reels saya mempelajari secara spesifik cara untuk memanfaatkan instagram reel. Mulai dari riset konten, riset audience, menentukan jenis konten, dan masih banyak lagi.

Lagi-lagi, banyak sekali pengetahuan baru yang saya dapatkan dari sebuah kursus online. Mungkin saya bisa saja menemukan pengetahuan tersebut secara gratis di internet, tapi itu pasti butuh waktu.

Buat kamu yang sudah mengikuti saya di instagram, konten reels yang saya posting merupakan hasil saya mempraktikkan ilmu dari kursus online master reels.

Perhatikan hal ini sebelum membeli kursus online!

Kursus online menjadi pendidikan non formal yang menurut saya cukup efektif. Namun, tidak semua kursus online berkualitas.

Jangan mudah tertipu dengan janji-janji promosi yang manis, kamu harus melihat dari berbagai sisi sebelum menentukan. Beberapa hal berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih online course.

  • Pastikan kredibilitas pematerinya
  • Lihat lebih detail materi apa saja yang diberikan
  • Lihat review peserta sebelumnya
  • Tidak ada salahnya membandingkan dengan online course yang sejenis

Sebelum membeli sebuah online course, saya biasanya melakukan beberapa hal tersebut untuk meyakinkan diri. karena saya juga beberapa kali kecewa karena materinya tidak berkualitas.

Tetapi kembali lagi, sebagai seseorang yang ingin belajar, jangan pernah berekspektasi terlalu tinggi pada hasil. Tujuan untuk mengikuti online course adalah untuk mempelajari pengetahuan baru yang kita butuhkan dan mempraktikkannya.

Kursus online apa saja yang kamu ikuti di 2021?

Sampai hari ini, saya masih suka belajar sesuatu dari kurus online. Tidak ada ruginya untuk menginvestasikan sedikit uang kita untuk belajar hal-hal baru.

Lagi-lagi yang tidak boleh kamu lupakan adalah mempraktikkan apa yang sudah kamu pelajari. karena percuma juga jika kamu mengeluarkan banyak uang untuk membeli kursus online tapi tidak pernah kamu praktikkan.

Baru-baru ini saya membeli sebuah kursus online untuk melatih kemampuan content writing saya agar lebih baik.

Kalau kamu, kursus online apa saja yang kamu ikuti di tahun 2021 kemarin?

1 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like