Mengatasi Overthinking Dengan Cara Sederhana, Hidup Jadi Lebih Tenang.

Selain membuat energimu terkuras, overthinking juga menjauhkan kamu dari ketenangan.

Saya termasuk salah satu orang yang kerap kali overthinking, sebelum melakukan sesuatu yang sebenarnya sepele. Pikiran saya selalu melayang kemana mana, merasa khawatir dan lain sebagainya.

Akibatnya, selalu ada ketakutan yang muncul di pikiran. Misalnya, ketika ingin memulai sesuatu yang baru, saya takut kalau hasilnya ternyata tidak sesuai ekspektasi.

Namun, saya selalu memaksa diri untuk belajar bagaimana cara untuk mengatasi overthinking. Pada akhirnya, dengan menerapkan cara-cara sederhana, secara perlahan saya mulai bisa mengendalikan pikiran saya dengan lebih baik.

Ketika kamu bisa mengendalikan pikiranmu, kamu akan merasakan hidup yang jauh lebih tenang dan juga lebih berani untuk melakukan apapun yang kamu inginkan.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara cara sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasi overthinking. Supaya kamu bisa menjalani hidup dengan lebih tenang dan bahagia.

Apa itu overthinking

Overthinking adalah kondisi dimana kamu memikirkan sesuatu secara berlebihan. Kondisi ini memaksa kamu untuk terus menerus memikirkan sesuatu yang akhirnya bisa mengganggu aktivitasmu sehari hari.

Overthinking, juga, paling dikenal sebagai menciptakan masalah yang tidak pernah ada.”

– David Sikhosana

Ada banyak efek negatif yang ditimbulkan ketika kamu terlalu sering memikirkan sesuatu secara berlebihan. 

  • Merasa khawatir dan takut 
  • Susah fokus
  • Susah tidur
  • Merasa stres
  • dll

Contohnya sederhananya seperti yang beberapa hari lalu saya alami, saya ingin sekali membuat konten dalam bentuk video dengan berbicara langsung di depan kamera. 

Namun karena overthinking, saya terus menerus memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ketika saya membuat konten tersebut.

Pada akhirnya konten tersebut tidak kunjung saya buat dan justru membuat pikiran saya terganggu karena terus menerus memikirkan hal itu.

Hal yang Paling Sering Menyebabkan Overthinking 

mem overthinking

Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak hal yang bisa menyebabkan kamu memikirkan sesuatu secara berlebihan. Beberapa diantaranya seperti :

1. Kurangnya rasa percaya diri

“Makin saya memikirkannya, makin saya menyadari bahwa overthinking bukanlah masalah sebenarnya. Masalah sebenarnya adalah kita tidak percaya.”

– L.J. Vanier 

Kepercayaan diri merupakan salah satu penyebab overthinking. Saat kamu merasa tidak percaya diri, akan selalu ada banyak pertimbangan yang membuatmu ragu untuk melakukan sesuatu.

Pertimbangan-pertimbangan itulah yang justru menghambat langkahmu dan hanya akan membuatmu terus memikirkan hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Memang tidak mudah untuk menjadi seseorang yang punya tingkat kepercayaan diri yang tinggi, tapi kamu bisa mulai belajar cara meningkatkan rasa percaya diri dari sekarang.

2. Mengkhawatirkan respon orang lain

kalau boleh jujur, dulunya saya adalah seseorang yang sangat mengkhawatirkan respon orang lain. Takut apa yang saya buat dipandang rendah orang lain, dan takut mendapat kritikan.

Kekhawatiran tersebutlah yang akhirnya membuat saya menjadi sering membuat kamu memikirkan sesuatu secara berlebihan dan takut melangkah.

3. Berekspektasi terlalu tinggi

Ekspektasi yang terlalu tinggi hanya akan membuatmu kecewa ketika hasilnya tidak sesuai. Dan ini juga membuat kamu akhirnya memikirkannya secara berlebihan.

Tidak ada salahnya memiliki ekspektasi, tapi tentu harus diikuti dengan kemampuan yang kamu miliki.

Daripada terlalu berekspektasi tinggi pada hasil pekerjaanmu, lebih baik kamu berusaha untuk melakukannya semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuanmu.

Cara Sederhana Mengatasi Overthinking 

laki laki sedang bermain game

1. Mengetahui penyebab overthinking 

Beberapa penyebab overthinking yang saya sebutkan diatas hanyalah sebagian kecil saja. Dalam hidup ini, tentu ada banyak sekali hal yang bisa membuat kita berpikir secara berlebihan. Dan apa yang saya alami bisa jadi berbeda dengan yang kamu alami.

Maka dari itu hal pertama yang harus kamu lakukan ketika overthinking adalah menemukan penyebabnya. Kamu terlebih dulu harus menyadari bahwa kamu sekarang sedang overthinking.

Bagaimana bisa kamu mengatasi overthinking tanpa menyadari kamu sedang overthinking? jadi, coba cari tahu dulu penyebab pastinya.

Apakah karena keluarga, karir, percintaan, atau mungkin hal lainnya. Jika diperlukan, kamu bisa mencatatnya sehingga akan lebih mudah untuk kamu lihat.

2. Hapus pertanyaan “bagaimana jika…?”

Satu pertanyaan yang bikin kamu overthinking adalah “bagaimana jika….”

Contoh :

  • Bagaimana jika nanti orang-orang mengkritik saya?
  • Bagaimana jika hasilnya nanti jelek?
  • Bagaimana jika keluarga saya marah?
  • bagaimana jika ternyata dia membenci saya?

Cobalah untuk mengurangi pertanyaan-pertanyaan itu di kamus otakmu sehingga kamu akan lebih yakin dalam melakukan sesuatu. Kamu juga akan lebih berani untuk mengambil keputusan-keputusan yang mungkin bisa membuat kamu lebih baik.

3. Fokus untuk mencari solusi terbaik

Setelah kamu menyadari sesuatu yang menyebabkan kamu overthinking, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah menemukan solusi dari masalah tersebut.

Daripada terus menerus meratapi masalah yang justru membuatmu semakin stres, lebih baik kamu memikirkan kira kira apa yang bisa kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Berpikir tidak akan mengalahkan rasa takut, tetapi tindakan akan mengalahkannya.”

– Clement Stone

Ingat kata kuncinya bukan “pikirkan” tapi “lakukan”.

Temukan solusinya dan segera lakukan itu, dan kamu akan melihat bahwa apa yang kamu pikirkan selama ini tidak benar-benar terjadi. Lawan ketakutanmu dengan melakukan sesuatu yang nyata.

4. Jangan berusaha untuk sempurna

Banyak orang memikirkan sesuatu secara berlebihan karena merasa ingin menghasilkan sesuatu yang sempurna / perfeksionis

Pikiran itulah yang akhirnya justru bisa menghambat kamu untuk berkarya. Kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk merencanakan sesuatu sehingga nantinya kamu bisa menghasilkan sesuatu yang sempurna. 

Pada akhirnya setelah sekian lama, kamu tidak menghasilkan apa apa karena tidak kunjung menghasilkan sesuatu yang sempurna.

Kamu boleh berusaha menjadi yang terbaik. Tapi, kamu juga harus percaya bahwa proses lah yang akan membuatmu melakukan sesuatu dengan lebih baik.

Hidup Kamu Lebih Tenang Tanpa Overthinking!

Saya selalu mengingat dan segera melakukan beberapa hal tersebut ketika mulai merasa overthinking. sehingga hal tersebut tidak berlarut larut dan bisa segera teratasi.

Kamu juga bisa mencobanya ketika mengalami overthinking, cobalah melakukan satu persatu cara sederhana tersebut. Satu hal yang penting juga kamu ingat adalah kamu harus yakin dan percaya bahwa kamu bisa terlepas dari hal tersebut.

Semoga artikel ini membantu kamu yang saat ini sedang overthinking, sehingga kamu bisa melakukan aktivitas sehari hari dengan lebih tenang.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like