Stop Insecure Dengan 5 Cara Ini!

Pernah denger nggak, temen kamu bilang “aku insecure banget nih”. atau jangan-jangan kamu sendiri sering merasakannya?

Jika iya, jangan pernah menyepelekan perasaan insecure tersebut. karena jika kamu biarkan berlarut larut. Rasa insecure itu bisa menjadi penghambat diri kamu terus berkembang.

Baik dalam hal personal, pertemanan, atau dalam perkembangan karirmu.

Bahkan secara medis, rasa insecure yang dibiarkan bisa beresiko menyebabkan gangguan mental seperti depresi, gangguan makan, serta kepribadian paranoid.

Jadi, buat kamu yang sering merasa insecure, coba baca artikel ini sampai akhir. Karena disini kita akan membahas tentang berbagai hal yang mungkin sebelumnya tidak kamu sadari itu menyebabkan kamu sering merasa insecure. 

Selain itu, disini kita juga akan membahas bagaimana cara untuk menjauhkan diri kamu dari perasaan insecure. Namun, sebelum itu kamu juga harus paham apa itu insecure.

Apa itu insecure?

Seorang psikolog ternama asal Amerika bernama Abraham Maslow mendefinisikan Insecure sebagai suatu keadaan dimana seseorang yang merasa tidak aman, menganggap dunia sebagai sebuah hutan yang mengancam dan kebanyakan manusia berbahaya dan egois.

Lebih sederhananya, Insecure adalah perasaan cemas, ragu, atau kurang percaya diri sehingga membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Saat kamu merasa insecure, secara tidak sadar kamu menilai diri kamu sebagai pribadi yang kurang kompeten dan merasa lebih rendah dari orang orang di sekitarmu.

Baca juga : Tiga Kebiasaan yang Membuatmu Lebih Baik Setiap Hari

Penyebab Kamu Merasa Insecure

Dibalik rasa insecure yang saat ini kamu alami bukan datang secara tiba-tiba. Ada berbagai penyebab atau kejadian-kejadian yang membuat kamu merasakan hal tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa penyebab insecure yang perlu kamu ketahui.

  • Mengalami Penolakan atau kegagalan

Rasa kecewa karena pernah atau bahkan sering mengalami penolakan dan kegagalan menjadi salah satu bahan bakar insecurity. 

Kejadian itu membuat kamu tidak bisa menerima kenyataan sehingga itu akan membuatmu merasa terpuruk dan rendah diri.

Padahal, ditolak dan gagal adalah sesuatu yang wajar. Kamu bisa memanfaatkan itu sebagai bahan evaluasi dengan melihat aspek-aspek yang menyebabkan kamu ditolak atau gagal.

  • Terlalu Perfeksionis

Sifat perfeksionis juga menjadi salah satu yang menyebabkan kamu merasa cemas dan ragu-ragu. Karena kamu selalu berharap menghasilkan sesuatu yang sempurna. 

Perasaan itu akan muncul ketika kamu tidak mendapatkan hasil sesuai dengan yang kamu harapkan.

Sebenarnya tidak masalah jika kamu selalu ingin menjadi yang terbaik. Tapi, yang perlu kamu tahu adalah, menjadi yang terbaik merupakan proses panjang yang harus kamu lalui

Jika kamu berharap mendapatkan hasil yang sempurna ketika baru mencoba melakukan sesuatu, kamu justru tidak akan selalu merasa kecewa dan gagal.

  • Salah Memilih Lingkungan

Ketika kamu salah memilih lingkungan, terutama lingkungan pertemanan. Bukan perasaan nyaman yang akan kamu dapatkan, tapi justru rasa tidak aman.

Orang-orang sekelilingmu turut berperan dalam memunculkan benih-benih insecurity dalam diri kamu.

Baca juga : 7 Langkah Menemukan Versi Terbaik Diri Kamu

5 Cara Mengatasi Rasa Insecure

Saat mendengar kata insecure, yang muncul di pikiran kamu pasti sesuatu yang negatif dan merugikan. Padahal tidak selalu begitu.

Jika kamu tidak berlebihan menanggapi perasaan insecure, hal itu justru bisa bermanfaat bagi pengembangan dirimu. Karena itu akan membuat kamu berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari pada diri kamu sekarang.

Sebagai langkah antisipasi atau mengatasi rasa insecure yang berlebihan, kamu bisa memulai membiasakan diri dengan beberapa hal berikut ini.

1. Berusaha Selalu Berpikir Positif

Saya beberapa kali menemukan kalimat ini di buku yang pernah saya baca.

“Satu pikiran positif akan mendatangkan positif positif lain dan satu pikiran negatif akan mendatangkan pikiran negatif lainnya”

Misalnya ketika kamu bangun di pagi hari dan yang pertama kali kamu pikirkan adalah pekerjaan kamu yang menyenangkan, maka pikiran itu akan memancing datangnya pikiran positif lain. Obrolan menyenangkan dengan rekan kerja dan lain sebagainya. 

“Positive anything is better than negative thinking.”

— Elbert Hubbard

Supaya kamu terhindar dari perasaan insecure, biasakan diri kamu untuk selalu berfikir positif di setiap kejadian yang kamu alami. 

Jangan sampai kamu justru memupuk rasa insecure dengan pikiran-pikiran negatif ketika kamu mengalami penolakan atau kegagalan. 

2. Berhenti Merendahkan Diri Sendiri

Terkadang secara tidak sadar kita memang sering merendahkan kemampuan diri sendiri. Hal itu sangat tidak baik dan bisa merusak kepercayaan diri yang kamu miliki.

Ketika kamu sadar bahwa kamu sedang merendahkan diri sendiri, segeralah ubah pikiranmu dari hal negatif tersebut.

Ubahlah kebiasaan berpikir “aku tidak bisa melakukan hal ini” dengan “bagaimana caranya supaya aku bisa melakukannya.”

Dengan begitu pikiranmu akan berusaha untuk menemukan solusi terbaik dan dilanjutkan dengan pikiran-pikiran positif lainnya.

3. Jangan Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Di dunia ini ada jutaan manusia yang lebih baik dari kamu.

Kamu akan selalu merasa rendah jika selalu membandingkan diri dengan orang lain. karena sudah pasti kamu mencari pembanding yang lebih baik dari diri kamu saat ini.

Jadi, berhentilah membandingkan diri kamu dengan pencapaian orang lain. Tanamkan dalam pikiranmu bahwa kamu sedang melewati jalurmu sendiri, jalur yang akan membawamu menuju tempat yang kamu inginkan.

Tidak peduli itu lebih lama atau lebih cepat daripada orang lain.

“It does not matter how slowly you go as long as you do not stop.”

– Confucius

4. Hindari Pertemanan yang Toxic

Apakah teman kamu saat ini menjadi salah satu tekanan yang membuatmu merasa insecure? sebaiknya pelan-pelan mulai kamu hindari dari sekarang. 

Temukan teman atau lingkungan yang memang menghargai kamu apa adanya. Tidak hanya itu, mereka juga harus menjadi teman yang suportif dan bisa mendukung apapun keputusan yang kamu ambil. 

5. Percaya Bahwa Kamu Spesial

Saya percaya setiap orang di dunia ini adalah spesial, begitupun kamu dan kamu harus percaya hal itu.

Kamu mungkin tidak cukup baik di satu bidang, tapi kamu pasti punya keahlian lebih di bidang lainnya. Merasa belum punya kompetensi di sebuah bidang merupakan sesuatu hal yang wajar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir.

Yakinlah bahwa kamu spesial dan kamu tidak perlu merasa insecure lagi.

Baca jug : Satu satunya Investasi Paling Menguntungkan Buat Saya

Lawan Rasa Insecure dan Jadilah Lebih Percaya Diri!

Mengatasi rasa insecure memang tidak bisa kamu lakukan secara instan. Kamu harus melakukannya secara perlahan dan sabar.

Dengan membiasakan melakukan hal-hal positif, lama kelamaan rasa percaya dirimu akan terbentuk dengan sendirinya sehingga tidak lagi merasa insecure.

Namun, kembali lagi, setiap orang punya isu yang berbeda beda dalam hal insecurity. Bisa jadi penyebab insecure yang kamu alami mungkin lebih berat daripada yang saya alami. Jadi, kamu sendiri yang tahu dan yang harus berusaha untuk menyelesaikannya. 

Jika berkenan untuk cerita, kira kira apa yang saat ini sering menyebabkan kamu merasa insecure?

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like