15 Buku Self Improvement Terbaik yang Wajib Kamu Baca!

Buku self improvement menjadi jenis buku yang wajib dibaca oleh siapapun.

Tidak peduli kamu anak muda, orang tua, anak SMA, mahasiswa, karyawan, pebisnis, dan apapun status sosialmu sekarang.

Selama kamu merasa ingin menjadi pribadi yang terus berkembang, kamu harus mencoba setidaknya membaca satu buku tentang self improvement.

Bisa jadi ketika kamu merasa terbantu dan mendapatkan banyak pengetahuan baru dari buku tersebut, kamu akan tertarik untuk membaca buku self improvement lainnya. 

Banyak sekali jenis buku self improvement populer yang bisa kamu baca, misalnya membahas tentang kepercayaan diri, keuangan, kesuksesan, hard skill dan soft skill, mindset dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilihnya berdasarkan minat dan kebutuhan.

Pada artikel ini, saya akan memberikan rekomendasi berbagai judul buku self improvement yang ditulis oleh para penulis terkenal.

Saya juga menyertakan satu buku fiksi yang menurut saya sangat menarik dan mengandung banyak pelajaran.

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik

1. The Magic of Thinking Big – David J. Schwartz

Menjadi seseorang yang sukses tentunya impian semua orang. Namun, kesuksesan tidak datang begitu saja. Ada usaha dan kerja keras yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan apapun yang kamu inginkan.

Buku The magic of Thinking big membantu kamu untuk merengkuh kesuksesan dengan cara memiliki pola pikir orang sukses

Buku The Magic of Thinking Big

Setiap bab dalam buku ini membahas tentang cara cara sederhana yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya cara untuk menjadi pribadi yang optimis, percaya diri, punya mimpi besar, serta memiliki keyakinan yang kuat untuk menjadi seseorang yang sukses.

Salah satu pembahasan yang saya suka dari buku ini yaitu tentang menanamkan pola pikir positif dalam setiap kesempatan.

Ketika kamu berpikir menjadi orang yang gagal, kamu akan gagal. Tapi ketika kamu selalu berfikir menjadi orang yang sukses, kesuksesan itu pasti akan datang

2. How to Win Friends and Influence People – Dale Carnegie

Punya masalah dalam bergaul atau bersosialisasi dengan orang lain? Buku ini mungkin cocok buat kamu.

Orang yang lebih mudah bergaul dan memiliki kepribadian yang menyenangkan, tentunya akan lebih disukai daripada seorang pendiam yang menutup diri.

Selain itu kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain juga tidak hanya kamu butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kamu sudah masuk di dunia kerja, kamu akan sangat membutuhkan skill tersebut.

buku how to win friends and influence people

Buku ini mengajarkan langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk berinteraksi dengan teman maupun dengan orang yang baru kamu temui.

Disamping itu kamu juga bisa belajar bagaimana cara yang baik untuk mempengaruhi orang lain ketika kamu berbicara atau menjadi seorang pemimpin.

3. Rich Dad Poor Dad – Robert T. Kiyosaki

Buku ini selalu saya rekomendasikan kepada siapapun yang ingin mengembangkan dirinya, terutama dalam hal keuangan.

Saya pribadi bahkan sudah membaca ulang buku ini sebanyak 5 kali.

buku Rich Dad Poor Dad

Banyak sekali pengetahuan baru yang bisa kamu dapatkan dari buku ini. Contohnya mindset tentang uang, serta perbandingan pola pikir ayah kaya dengan ayah miskin dalam memperlakukan uang mereka.

Dari buku ini kamu akan belajar tentang bagaimana cara orang kaya membuat uang bekerja untuk mereka. Karena seperti yang kamu tahu, banyak orang kaya tidak bekerja untuk uang, tapi uanglah yang bekerja untuk mereka.

Setiap contoh yang diceritakan di buku ini akan membuat kamu merasa masuk ke dalam cerita tersebut.

4. You Do You – Fellexandro Ruby

Buku You Do You membahas tentang quarter life crisis. Cocok sekali sekali dengan anak mudah yang memasuki usia 20-an dan sedang dalam proses pencarian jati diri.

Fellexandro Ruby membagikan banyak sekali pengetahuan yang bisa diterapkan oleh anak mudah. Tentang passion, karir, bisnis, relationship dan masih banyak lagi.

buku You Do You

Saat membaca buku ini, kamu akan mendapatkan banyak gambar ilustrasi yang semakin memperjelas makna dari sesuatu yang ingin disampaikan, sehingga menjadi lebih mudah dipahami. Bahasa yang digunakan pun merupakan bahasa sehari hari.

Satu hal lagi yang unik dari buku ini adalah kamu bisa membaca dari bab manapun yang kamu inginkan tanpa harus urut dari awal.

5. Atomic Habits – James Clear

Menjadi seseorang yang sukses bisa kamu mulai dengan membangun kebiasaan baik setiap hari. Penulis menyebutkan bahwa buku ini merupakan panduan tentang cara mengubah kebiasaan kamu dan menjadi seseorang yang 1% lebih baik setiap hari.

Seperti yang dijelaskan di buku atomic habits, untuk membuat sebuah kegiatan menjadi kebiasaan, kamu harus melakukannya secara perlahan dan terus menerus.

buku Atomic Habits

James Clear mengajarkan cara cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk melakukan kebiasaan baik sedikit demi sedikit. Karena hal hal yang besar lahir dari hal hal kecil yang dilakukan secara konsisten.

All big things come from small beginnings. The seed of every habits is a single, tiny decision.

– James clear

6. The Thing You Can See Only When You Slow Down – Haemin Sunim

Semakin hari dunia terasa berjalan begitu cepat. Hal itu membuat kita akhirnya selalu merasa dikejar untuk lebih cepat dalam mendapatkan sesuatu. 

Pada kenyataannya, sikap terburu buru seperti itu justru akan membuat kamu melewatkan banyak hal yang bisa dipelajari.

Buku The Thing You Can See Only When You Slow Down ini menunjukkan jalan untuk mendapatkan kedamaian dan keseimbangan batin di tengah tuntutan kehidupan sehari hari yang luar biasa hebatnya.

Buku The Thing You Can See Only When You Slow Down

Haenim Sunim yang merupakan penulis buku ini juga menekankan pentingnya menjalin hubungan yang lebih dalam dengan orang lain, saling berbelas kasih serta memaafkan diri sendiri.

Membaca buku ini akan membuat kamu belajar untuk menemukan kedamaian dan ketenangan hati.

7. Filosofi TerasHenry Manampiring

Kehidupan yang kamu jalani saat ini tidak bisa dipisahkan dari naik dan turun. Terkadang kamu merasa senang, tidak jarang juga perasaan sedih kamu rasakan secara tiba-tiba.

Filosofi teras menjadi buku yang sangat saya rekomendasikan jika kamu merasa kesulitan untuk menghadiri setiap emosi yang kamu alami sehari-hari. 

buku Filosofi Teras

Buku ini bisa membantumu mengatasi emosi negatif dan menghasilkan mental yang tangguh dalam menghadapi naik turunnya kehidupan.

Kamu juga akan belajar untuk membedakan hal hal yang sebenarnya diluar kendali kamu dan yang ada di kendali kamu atau disebut sebagai dikotomi kendali.

Dengan begitu kamu akan lebih bijak dalam menghadapi setiap kondisi dalam kehidupan sehari hari.

8. Start With Why – Simon Sinek

Saat ingin memulai sesuatu saya selalu mengingat tentang judul buku ini dan segala hal yang diajarkan.

buku Start With Why

Sesuai dengan judul bukunya, buku ini mengajarkan kita untuk selalu mempunyai alasan yang kuat untuk memulai sesuatu. Entah itu memilih pekerjaan, memulai bisnis dan lain sebagainya.

Kenapa hal ini penting? karena dengan memiliki alasan yang kuat dalam melakukan sesuatu akan membuat kita mampu mengatasi segala macam rintangan yang menghadang.

Alasan itulah yang akan menguatkan kamu untuk mencari solusi dari setiap masalah yang kamu hadapi. Sampai akhirnya kamu bisa mencapai apa yang kamu inginkan.

9. Grit – Angela Duckworth

Perlu kamu ketahui bahwa kesuksesan tidak hanya bermodalkan bakat. Kamu membutuhkan gairah dan ketabahan seperti yang dijelaskan di buku Grid ini.

Tidak sedikit orang yang akhirnya gagal meskipun merasa sangat berbakat dalam sebuah bidang. Hal itu karena bakat mereka tidak disertai dengan gairah dan ketabahan dalam jangka panjang.

buku grit

Ada enam faktor utama yang menjadi fokus buku ini, yaitu harapan, usaha, presisi, gairah, ritual, dan prioritas.

Tanpa bakat pun, kamu bisa mencapai apapun yang kamu inginkan jika kamu punya gairah yang besar untuk belajar. Serta ketabahan dalam menjalankan proses panjang untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

10. Crushing It – Gary Vaynerchuk

Buku ini menjadi panduan yang cukup lengkap buat kamu yang ingin membangun bisnis atau menjadi seorang influencer.

Crushing it berisi prinsip prinsip yang bisa kamu jalankan untuk menjadi seorang pebisnis ataupun seorang influencer. Selain itu kamu juga akan seluk beluk media sosial serta bagaimana cara memaksimalkannya.

Setiap platform media sosial dibedah berdasarkan perspektif Gary dan diadaptasi dari pengalaman ribuan influencer. 

buku crushing it

Salah satu prinsip yang melekat kuat di ingatan saya yaitu prinsip “Document, Don’t Creat”. Jadi dalam proses mempengaruhi orang lain, kamu bisa mendokumentasikan setiap pekerjaan yang kamu lakukan.

Misalnya kamu ingin menjadi seorang fotografer, kamu bisa mendokumentasikan berbagai hal yang kamu lakukan dalam perjalanan menjadi seorang fotografer. Entah itu dengan sesi pemotretan, sedang mengedit foto dan lain sebagainya.

Saya sangat merekomendasikan buku jika kamu seseorang yang aktif di media sosial.

11. Think and Grow Rich – Napoleon Hill

Buku ini akan membuka pola pikir kamu tentang cara orang kaya menjadi kaya.

Kamu akan mendapatkan rahasia-rahasia yang membuat seseorang bisa lebih kaya. Semua isi dari buku ini merupakan hasil analisis yang dilakukan oleh Napoleon Hill selama bertahun-tahun.

buku think and grow rich

Penulis juga memberikan contoh kesuksesan dari tokoh tokoh terkenal seperti Arnold Schwarzenegger, Steven Spielberg, Bruce Lee dan lainnya.

Sampai hari ini buku ini masih sangat populer dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

12. The Psychology of Money – Morgan Housel

Sadar atau tidak, uang merupakan salah satu aspek yang bisa mengontrol hidup seseorang.

Tanpa pengetahuan yang benar tentang uang, hidup seseorang justru akan dikendalikan oleh uang. Padahal yang seharusnya kita lakukan adalah memanfaatkan uang agar bisa memiliki kendali atas hidup kita.

buku The Psychology of Money

Buku The Psychology of Money memuat 19 cerita pendek yang membahas dan mengulas berbagai hal terkait uang dan aspek-aspek kehidupan. Mengatur uang lebih dari sekadar memikirkan soal kekayaan.

Setiap cerita dalam buku ini menghadirkan sudut pandang unik dan menarik terkait uang.

13. The 7 Habits of Highly Effective People – Stephen R. Covey

Buku yang terbit pada 1989 ini menjadi salah satu buku self improvement yang cukup populer di seluruh dunia.

buku The 7 Habits of Highly Effective People

7 hal yang dibahas dalam buku ini diantaranya yaitu menjadi lebih produktif, mulai melakukan suatu hal dengan memikirkan tujuan akhir, utamakan apa yang sebaiknya diutamakan, berpikir win win, upayakan untuk memahami terlebih dahulu sebelum dipahami, sinergi, dan yang terakhir mempertajam kemampuan.

Berbagai pembahasan tersebut akan membuatmu memiliki kebiasaan yang efektif jika dilakukan secara konsisten.

14. Berani Tidak Disukai – Ichiro Kishimi & Fumitake Koga

Kamu tidak bisa berusaha menyenangkan semua orang. Pasti akan ada pihak yang tidak setuju terhadap apa yang kamu lakukan.

Buku ini akan membantu kamu dalam proses penerimaan diri sendiri dan tidak mementingkan ekspektasi orang lain.

buku Berani Tidak Disukai

Buku yang sudah terjual lebih dari 3,5 juta eksemplar ini mengungkap rahasia mengeluarkan kekuatan terpendam yang memungkinkan Anda meraih kebahagian yang hakiki dan menjadi sosok yang Anda idam-idamkan.

Anda akan belajar memahami konsep memaafkan diri sendiri, mencintai diri, dan menyingkirkan hal-hal yang tidak penting dari pikiran

15. Sang alkemis – Paulo Coelho

Rekomendasi buku self improvement terakhir yaitu buku berjudul sang alkemis karya Paulo Coelho.

Dari 15 judul buku yang saya rekomendasikan di artikel ini, Sang Alkemis adalah satu satunya buku fiksi. 

buku Sang alkemis

Buku ini bercerita tentang seorang penggembala yang menghabiskan hidupnya untuk mendapatkan harta karunnya di piramida Mesir. 

Namun dalam perjalanannya, banyak sekali kejadian yang dialami yang memberikannya banyak pelajaran. Saya sangat menikmati buku ini karena ceritanya sangat mudah dipahami dan masih berhubungan dengan kehidupan kita saat ini. Terutama dalam proses mencapai apa yang kita inginkan.

Banyak pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari buku ini. Terutama tentang keyakinan mencapai tujuan, kesabaran, serta melihat peluang-peluang yang muncul di depan mata kita.

Pilihlah buku yang ingin kamu baca!

Itulah rekomendasi buku self improvement yang bisa memberimu banyak pelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Selanjutnya kamu bisa memilih salah satu buku untuk mulai kamu baca dalam waktu dekat.

Pilihlah buku yang memang ingin kamu baca dan sesuai dengan kebutuhanmu. Dengan begitu kamu akan membaca buku tersebut sampai selesai dan bisa mengambil pelajarannya.

Dari buku yang ada di atas, mana yang sudah pernah kamu baca dan bagaimana pendapatmu tentang buku tersebut?

1 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like