7 Langkah Menemukan Versi Terbaik Diri Kamu

“Hidup hanya sekali, jangan sia-siakan itu untuk berusaha menjadi orang lain”

Memang tidak ada salahnya jika saat ini kamu punya seseorang yang kamu anggap sebagai role model, tapi bukan berarti kamu harus berusaha sama persis seperti dia.

Kamu cukup belajar dari hal-hal baiknya saja seperti pemikiran-pemikirannya, cara pandang dia terhadap sesuatu, atau perjuangan dia menuju kesuksesan.

Tapi dibalik itu, kamu harus ingat bahwa tugasmu adalah menemukan versi terbaik diri kamu, bukan mengetahui apakah kamu bisa menjadi seperti orang lain.

Berikut adalah 7 hal yang bisa kamu lakukan untuk membantumu menemukan versi terbaik dirimu.

. . . . .

1. Mulailah membangun masa depanmu

Orang yang bertanggung jawab pada pencapaianmu di masa depan adalah dirimu sendiri.

Jadi, jangan ragu untuk memulai melalukan hal-hal yang menurutmu bisa membuat hidupmu lebih baik di masa depan.

Baik itu dalam bentuk kesuksesan finansial, kesehatan, ataupun kebahagiaan, kamu harus mulai membangunnya dari sekarang.

Jangan menunggu lulus kuliah atau menunggu kamu punya pekerjaan tetap dulu untuk melakukan hal-hal yang membuatmu bisa terus berkembang, karena waktu yang tepat adalah sekarang.

Kamu harus bisa melakukannya sendiri, merasakan kegagalan sendiri, dan bangun dari kegagalan dengan usahamu senidiri.

Pelajari juga bagaimana cara menjual, cara berinvestasi, dan membuat uang bekerja untukmu.

Jika semua hal itu bisa kamu lalui, pada akhirnya kamu akan merasakan sesuatu yang bernilai, dan tentu kamu akan tau siapa dirimu sebenarnya.

2. Lakukan olahraga rutin

Kamu secara otomatis terlihat 80% lebih baik dari sebagian besar orang di lingkunganmu jika kamu rutin pergi ke pusat kebugaran atau rutin berolahraga minimal 3 kali dalam 1 minggu.

Selain otot-ototmu yang sudah mulai terbentuk, kamu juga akan terlihat lebih bugar dan lebih sehat.

Kamu juga harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi, cobalah sedikit demi sedikit untuk mengurangi junk food.

Saya pribadi juga yakin, dengan rutin berolahraga akan membantu menjaga semangat dan membawa efek positif bagi tubuh dan pikiran.

Tidak hanya berolahraga di pusat kebugaran, kamu juga bisa mencoba untuk bersepeda, berlari, atau cukup dengan melakukan olahraga dirumah.

3. Jangan pedulikan apa kata orang lain

Banyak orang yang merasa iri jika orang lain lebih sukses daripada dia.

Bahkan saat kamu sedang berusaha untuk menjadi versi terbaik diri kamu dengan melakukan berbagai kegiatan positif, pasti akan ada saja yang berusaha untuk menjatuhkan semangatmu.

Orang-orang seperti ini tentu berasal dari orang-orang yang kamu kenal, seperti sadara, teman kelas, teman kerja, ataupun tetangga.

Pasti ada saja yang mereka lakukan untuk melemahkanmu dan berharap kamu masih sama seperti meraka atau tidak lebih baik dari mereka.

Hindarilah orang atau lingkungan seperti ini untuk menemukan versi terbaik diri kamu, jangan hiraukan kata mereka jika itu hanya membuatmu menjadi lemah.

4. Belajarlah mengontrol reaksimu

Tantangan tidak hanya berasal dari luar dirimu tapi juga dari dalam dirimu sendiri.

Belajarlah untuk mengontrol reaksimu ketika sesuatu yang menyenangkan atau tidak menyenangkan terjadi.

dalam hal ini, hati dan pikiranmu memiliki peran penting untuk mempertimbangkan reaksi apa yang akan kamu lakukan ketika sesuatu terjadi.

Contohnya saja, ketika ada sesorang yang berusaha merendahkan usaha yang kamu lakukan, kamu harus memikirkan, kira-kira reaksi seperti apa yang lebih menguntungkan buat kamu.

Marah dan melawan dengan melakukan hal yang sama dengan yang dia lakukan, atau kamu lebih memilih untuk diam dan membuktikan bahwa apa yang kamu lakukan ini akan menjadi sesuatu yang hebat.

Jadi, sebelum memunculkan reaksi pada sesuatu, cobalah untuk memikirkan sejenak resiko dari reaksi yang akan kamu lakukan.

Pilihlah untuk melakukan reaksi yang menguntungkan buat kamu.

5. Fokuslah pada dirimu sendiri

Jangan menjatuhkan hidupmu ke sebuah arena perlombaan.

Kamu tidak sedang berusaha untuk menjadi lebih baik dari siapapun, yang kamu lakukan adalah untuk berusaha menjadi lebih baik dari dirimu kemarin.

Tidak akan ada selesainya jika kamu terus membandingkan apa yang sudah kamu capai dengan pencapaian orang lain, itu menjadi salah satu alasan kamu sulit berkembang.

Fokus saja untuk membuat dirimu menjadi lebih baik.

Jangan lupa untuk menghargai apa yang sudah kamu lakukan hari ini dan berusaha lebih baik lagi di keesokan hari.

Ingat sekali lagi, tujuan kamu sekarang adalah menemukan versi terbaik diri kamu, jadi tidak ada yang perlu dibanding-bandingkan.

6. Mulailah pekerjaan sampingan

Jika saat ini kamu memiliki pekerjaan tetap, cobalah untuk mulai mencari pekerjaan sampingan yang bisa membantumu mendapatkan uang lebih.

Saya kenal banyak orang yang punya penghasilan lebih banyak dari pekerjaan sampingannya dibanding dari gaji pekerjaan utamanya.

Cobalah untuk memanfaatkan skill yang kamu miliki untuk menghasilkan lebih banyak uang, atau jika kamu merasa belum punya skill, kamu bisa belajar untuk mempelajari skill baru yang bisa menghasilkan.

Namun, kamu harus bisa mengatur waktumu dengan baik dan mungkin kamu harus merelakan sedikit waktu istirahatmu untuk melakukan pekerjaan sampinganmu.

Kamu bisa memenuhi kebutuhanmu setiap bulan dari gaji pekerjaan tetapmu, dan hasil dari pekerjaan sampingan bisa kamu investasikan, atau kamu gunakan untuk membangun bisnismu sendiri.

7. Selesaikan apa yang sudah kamu mulai

Jangan menjadi orang yang setengah-setengah dalam melakukan sesuatu.

Berusahalah untuk menjadi orang yang selalu menyelesaikan apa yang sudah dimulai.

Hal besar dari poin ini adalah kamu harus bisa melakukan berbagai usaha agar bisa mencapai tujuanmu.

Mudah menyerah jika menemui hambatan atau tantangan tidak mencerminkan kamu di poin ini dan menghambat kamu menjadi versi tebaik diri kamu.

Jika kamu sedang belajar untuk menjadi seorang profesional di suatu bidang, jangan berhenti jika kamu menemui hambatan ketika sedang mempelajari bidang tersebut.

Jika kamu menyerah, tandanya belum ada alasan yang kuat untuk kamu mencapai tujuan tersebut.

Hanya sekedar ingin dan tidak mau berusaha.

. . . . .

Penutup

Tampaknya memang lebih mudah untuk meniru apa yang sudah orang lain lakukan, namun semua tentu tidak semudah kelihatannya.

Bisa jadi apa yang diperlihatkan orang lain hanyalah yang mudah-mudah saja, hal sulit yang dia lalui untuk menjadi dirinya sendiri tidak dia perlihatkan.

Menurut saya, hal tersulit yang harus dilakukan untuk menjadi diri sendiri adalah konsistensi untuk terus membuat kita lebih baik.

Teruslah berusaha untuk menemukan versi terbaik diri kamu dengan melakukan hal-hal yang positif.

Kamu punya hak dan tanggung jawab pada diri kamu sendiri sekarang dan dimasa depan.

Semoga bermanfaat.

Setelah membaca ini, kira-kira cara apa yang sudah kamu lakukan untuk menemukan versi terbaik diri kamu?

1 Shares
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like