6 Kebiasaan Pagi yang Saya Lakukan Sebelum Bekerja

Melakukan beberapa kebiasaan di pagi hari membantu saya merasa lebih semangat dan lebih siap untuk bekerja.

Pada artikel ini saya akan menceritakan apa saja yang saya lakukan di pagi hari sebelum mulai bekerja.

Sebagai seorang karyawan, saya tentu memiliki kewajiban yang harus saya lakukan setiap hari, yaitu bekerja sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepada saya.

Tapi, yang namanya manusia, pasti ada waktu dimana saya merasa sangat malas untuk berangkat kerja dan menyelesaikan pekerjaan pekerjaan yang menumpuk, belum berangkat rasanya kepala sudah pusing.

Saya menyadari hal tersebut terjadi karena kesalahan saya ketika memulai beraktifitas di pagi hari. beberapa aktifitas yang saya sadari menyebabkan saya menjadi tidak bersemangat untuk bekerja diantaranya

  • Mengawali hari dengan membuka media sosial, meskipun tujuan awalnya hanya melihat pesan yang belum sempat terbaca, atau penasaran dengan update terbaru selama saya tertidur, tapi itu justru membuat saya menghabiskan banyak waktu untuk berselancar di media sosial dam membuat saya malas untuk beranjak.
  • Terlalu memikirkan pekerjaan yang belum selesai, pekerjaan menumpuk menjadi salah satu yang menyebabkan siapapun merasa malas untuk bekerja, belum lagi target-target yang harus saya capai bulan ini, hal itu membuat saya menjadi sangat malas untuk berangkat kerja.

Saya berusaha untuk mengurangi dua hal tersebut yang saya sadari memang membuat saya seringkali merasa menjadi pemalas.

Saat ini saya merasa jauh lebih bisa memanfaatkan waktu saya di pagi hari dengan memulai kebiaasaan-kebiasaan baru yang membuat saya merasa sangat termotivasi untuk melakukan hal-hal yang sudah menjadi tanggung jawab saya.

Berikut adalah 6 kebiasaan pagi yang saya lakukan sebelum mulai bekerja.

#1. Bangun Lebih awal

Saya selalu berusaha untuk bangun awal setiap hari.

Udara di pagi hari yang masih segar dan juga suasana yang masih belum terlalu ramai membuat badan dan fikiran saya jauh lebih tenang.

Saya sangat senang menikmati waktu-waktu ketika saya bisa bangun lebih awal, meskipun tidak saya pungkiri juga bahwa kadang kala saya juga bangun kesiangan karena tidur terlalu larut atau badan sedang merasa sangat lelah.

Bagi seorang muslim, bangun pagi seperti sebuah keharusan karena harus menjalankan ibadah sholat subuh.

2 hal yang saya rasakan bisa membuat saya bangun lebih awal adalah

  • Tidur lebih awal, jika ingin bangun lebih awal dan tidak merasa kurang tidur, hal yang harus saya lakukan tentunya adalah tidur lebih awal.
  • Membuat alarm, memasang alarm sesuai waktu yang saya inginkan kemudian meletakkannya agak berjarak dari tempat tidur menjadi cara kedua yang membantu saya untung bisa bangun lebih awal, saya merasa sangat tidak nyaman ketika sudah mendengarkan alarm yang suaranya sangat mengganggu, dengan meletakkannya berjarak dari tempat tidur membuat saya harus beranjak untuk mematikan alarm tersebut.

#2. Membaca Buku

Saya senang membaca buku-buku tentang pengembangan diri dan juga produktifitas.

5 buku pengembangan diri yang sudah saya baca sebelumnya juga sudah pernah saya tulis menjadi sebuah artikel rekomendasi.

Jika kamu belum membacanya, kamu bisa membacanya disini.

Setiap pagi saya berusaha untuk membaca buku sambil menikmati cahaya matahari yang menyorot ke teras rumah saya.

Awalnya memang agak sulit untuk membiasakan membaca rutin setiap hari, tapi ketika saya menempatkan aktifitas membaca sebagai salah satu kebutuhan yang harus saya penuhi, saya tidak lagi merasa bahwa membaca adalah kegiatan yang berat menurut saya.

Saya melakukannya untuk diri saya sendiri dan membaca sesuatu yang memang ingin saya pelajari.

#3. Olahraga Ringan

Dikutip dari aladokter, saat kamu melakukan olahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin untuk mengurangi rasa sakit dan memberikan energi positif.

Itulah kenapa saya berusaha untuk berolahraga di pagi hari, saya tidak bilang saya melakukannya setiap hari, tapi saya selalu berusaha untuk melakukan hal ini.

Selain membuat saya merasa mendapatkan energi positif dan lebih bersemangat, saya berolahraga untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan bugar.

Olahraga ringan yang biasanya saya lakukan di pagi hari seperti berlali, push up, sit up, pull up, dan juga squad, melakukannya selama 10-15 menit sudah cukup membuat badan saya berkeringat.

Jangan melakukannya terlalu lama juga karena itu justru bisa membuat badan kamu kelelahan.

#4. Mandi dengan air dingin

dari beberapa artikel yang saya baca, mandi dengan air dingin di pagi hari memiliki banyak manfaat bagi tubuh diantaranya :

  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Melancarkan peredaran darah
  • Meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh
  • dan masih banyak lagi

Jika kamu terbiasa jarang mandi di pagi hari dan selalu merasa malas untuk memulai hari, kamu bisa mencoba aktifitas ini.

Saya sangat merasakan perbedaan kondisi ketika sebelum mandi dan sesudah mandi di pagi hari, karena dulu saya juga termasuk orang yang jarang mandi di pagi hari kecuali ketika ada acara penting atau ingin bertemu seseorang.

Mandi dengan air dingin di pagi hari membuat fikiran saya menjadi jauh lebih ringan.

#5. Membuat segelas minuman hangat

Aktifitas favorit saya yang saya lakukan di pagi hari adalah membuat segelas minuman hangat kesukaan saya, baik itu kopi, coklat, ataupun teh.

Rasanya seperti menemukan kedamaian ketika bisa menyeduh kopi dan menikmatinya di pagi hari sebelum memulai aktifitas yang padat.

Tidak harus kopi, teh atau minum coklat, jika kamu cukup dengan air putih hangat itu pun tidak masalah.

Coba lakukan hal ini ketika kamu merasa sedang sangat tidak semangat dan tidak memiliki motivasi di pagi hari, kemudian cari tempat duduk yang nyaman dan pikirkan bahwa apa yang membuatmu merasa tidak bersemangat itu adalah sebuah hal yang wajar, kamu bisa menghadapinya dan menyelesaikannya jika pikiranmu tenang.

#6. Membuat to-do-list

Setelah melakukan semua atau sebagian dari aktifitas diatas, masih dengan segelas minuman hangat di samping laptop saya.

Kegiatan berikutnya yang saya lakukan dalah menyusun rencana kegiatan apa saja yang harus saya lakukan hari ini, terutama untuk hal-hal yang sifatnya wajib seperti tanggung jawab pekerjaan.

Setelah semua tanggung jawab sudah terencana, jika memang masih ada waktu atau biasanya saya selalu melungkan waktu, saya akan melakukan hal-hal yang bisa mengembangkan diri saya sendiri atatu melakukan hal-hal yang saya sukai.

Salah satu mimpi saya adalah menjadi bisa sukses menjadi seorang blogger atau penulis online, dan apa yang sedang kamu baca saat ini adalah salah satu yang saya lakukan (berusaha setiap hari) untuk menjadi apa yang saya inginkan.

Lain waktu mungkin saya akan menceritakan apa saja yang saya lakukan agar tetap bisa sejalan dengan mimpi saya.

Tidak salah untuk loyal bekerja dan mengembangkan bisnis orang lain, tapi jangan lupa berusaha bekerja untuk dirimu dan membangun bisnismu sendiri.

Saya menggunakan aplikasi yang sederhana untuk mencatat to-do-list atau setiap rutinitas yang saya lakukan setiap hari, jika kamu ingin tau alat apa yang saya gunakan, silahkan baca disini.

. . . . .

Penutup

Jangan sia-siakan waktu pagimu untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Otak kamu justru bisa bekerja lebih baik ketika pagi hari, karena sudah cukup beristirahat dan belum kamu gunakan untuk memikirkan hal yang berat.

Selain melakukan aktifitas diatas, saya juga biasa memanfaatkan waktu pagi saya untuk mengerjakan pekerjaan sampingan atau projek-prejek lain diluar pekerjaan utama saya.

Cobalah memanfaatkan waktu pagimu untuk membuat dirimu lebih semangat dan lebih siap menjalani aktifitas setiap hari.

Semoga membantu.

Kalau kamu, aktifitas apa yang kamu lakukan yang menjadi kebiasaanmu di pagi hari?

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like