5 Tips Memulai Karir untuk Fresh Graduate

Memulai karir untuk fresh graduate memang tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun kamu memiliki banyak prestasi ketika kuliah, bukan berarti kamu akan mudah menemukan pekerjaan yang kamu inginkan.

Berdasarkan data dari lokadata, lulusan sarjana meningkatkan sebanyak 8,3% pada 2021. Hal itu berarti bahwa persaingan dalam mendapatkan sebuah pekerjaan pun semakin tinggi.

Namun, meski masih fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja. Pada waktunya kamu tetap bisa memiliki pekerjaan yang kamu inginkan.

Aksesdiri punya 5 tips buat kamu fresh graduate yang baru ingin memulai karir. Yuk simak lebih lanjut!

#1. Tidak harus sesuai jurusan

Lulusan ilmu pendidikan bukan berarti kamu harus menjadi seorang guru. Meskipun tidak ada salahnya juga jika kamu ingin menjadi seorang guru, karena itupun pekerjaan yang mulia.

Kamu juga tidak perlu ragu jika ingin berkarir diluar dari jurusan ketika kamu kuliah. Meskipun di pekerjaan tersebut ilmu yang kamu pelajari saat kuliah tidak sepenuhnya bisa kamu terapkan, hal itu tidak menjadi masalah selam kamu bisa menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik.

#2. Sesuaikan potensi

Peluang memulai karir untuk fresh graduate saat ini semakin tidak terbatas. Jika kamu merasa memiliki skill dan potensi dalam suatu bidang, kamu sangat bisa memanfaatkan hal itu.

Misalnya saja kamu tertarik dan merasa memiliki potensi dalam bidang marketing, kamu bisa mencoba untuk mencari pekerjaan di bidang tersebut. Jangan lupa juga untuk terus memperdalam pengetahuan dan skill yang kamu miliki.

Baca juga : Satu Cara Mempelajari Skill Baru Lebih Cepat

#3. Perluas networking

Selain skill yang harus terus diasah, jangan lupa juga untuk terus memperluas networking. Meskipun secara langsung kamu belum bisa merasakan manfaatnya, namun dalam jangka panjang itu pasti akan berguna.

Hubungan baik yang kamu bangun dengan banyak orang akan memberikanmu peluang dalam banyak hal termasuk dalam karir.

#4. Jangan lewatkan kesempatan

Setiap orang pasti punya pekerjaan impian. Namun untuk mendapatkan hal itu tidak bisa secara instan.

Kamu boleh berkeinginan untuk berkarir di sebuah bidang. Namun sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman, jangan pernah melewatkan setiap kesempatan yang mungkin kamu ambil, meskipun itu tidak berhubungan dengan pekerjaan impianmu.

Baca juga : 3 Langkah Cerdas Menemukan Sumber Penghasilan Tambahan

#5. Ciptakan peluang

Memulai karir untuk fresh graduate tidak melulu harus melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan.

Jika kamu punya keahlian, tekat dan keinginan yang kuat, kamu bisa menciptakan peluang itu sendiri dengan cara membangun bisnis sendiri misalnya. Namun sebelum mengambil keputusan itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan segala peluang dan juga resiko yang mungkin kamu alami.

Penutup

Apapun karir yang kamu pilih, yakinlah bahwa kamu akan mendapatkannya.

Perbanyak pengalaman dengan mengambil setiap kesempatan yang ada di depan matamu. Jangan lupa juga untuk terus upgrade diri dan skill kamu dengan berbagai cara. Entah dengan membaca buku atau mengikuti kursus-kursus online yang sekarang sudah banyak tersedia di internet.

Buat para fresh graduate yang masih berjuang dalam memulai karir, jangan menyerah dan tetaplah berusaha. Sedangkan buat kamu yang masih dalam masa-masa kuliah, jangan lupa mempersiapkan diri kamu mulai dari sekarang, agar ketika lulus nanti kamu bisa menjalani karir yang sesuai dengan keinginanmu.

3 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.