5 Soft Skill yang Pasti Kamu Butuhkan di Dunia Kerja

Menguasai berbagai soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja bisa membantumu mendapat kepercayaan lebih di pkerjaanmu.

Jika kamu dianggap bisa menyelesaikan banyak hal dengan baik, tentu bukan hal mustahil jika kamu nantinya diberikan tanggung jawab lebih di pekerjaan.

Pengalaman saya sebagai seorang karyawan, saya merasa sangat penting untuk menguasai banyak soft skill, karena itu akan sangat membantu mengatasi banyak hal yang berhubungan dengan pekerjaan.

Tapi, bukan brarti tidak penting untuk menguasai hard skill, jika keduanya bisa saling berkaitan dan bisa meningkatkan kualitas pekerjaan, justru lebih baik untuk menguasai keduanya.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menguasai banyak soft skill, berikut adalah 7 soft skill yang kamu butuhkan dalam dunia kerja.

. . . . .

1. Komunikasi yang Baik

Skill komunikasi tidak hanya sekedar kemampuan untuk berbicara, tetapi lebih kepada kemampuan untuk menyampaikan informasi agar mudah dipahami oleh orang lain.

Saya pribadi merasa belum memiliki skill komunikasi yang baik, kadang masih bertele-tele untuk berusaha menjelaskan sesuatu yang sebenarnya bisa dijelaskan dengan cara sederhana.

Terkadang saya berusaha untuk merancang begitu banyak kalimat di otak saya sebelum mengungkapkan sesuatu.

Meskipun sudah dirancang, kenyataannya berbeda juga ketika diucapkan.

Selama dua tahun bekerja, saya merasa skill komunikasi ini menjadi salah satu yang penting, karena untuk menyelesaikan sesuatu yang berhubungan dengan orang lain, saya tidak bisa kalau hanya diam saja.

Kritik, saran, dan masukan juga perlu diungkapkan dengan komunikasi yang baik.

Apapun posisi kamu dipekerjaanmu saat ini, saya yakin kamu sangat membutuhkan skill komunikasi yang baik.

Setidaknya itu dibutuhkan untuk komunikasi antar rekan kerja.

“Every act of communication is a miracle of translation.”

Ken Liu

karena saya sadar skill komunikasi saya lemah, saya tentu harus belajar untuk memperbaikinya.

Saya belajar dari buku yang berjudul how to win friends and influence people karya Dale Carnegie, saya merekomendasikan kamu untuk membaca buku ini jika sedang belajar berkomunikasi.

Sebelumnya saya juga sudah menulis 5 Rekomendasi Buku Self Improvement Paling Pouler

2. Problem Solving

Kamu di rekrut sebuah perusahaan tentunya agar bisa membantu perusahaan tersebut untuk mengatasi masalah-masalah yang sudah pasti akan terus datang.

Jadi, belajar bagaimana cara memecahkan masalah dengan baik menjadi skill yang juga kamu butuhkan di dunia kerja.

“We can not solve our problems with the same level of thinking that created them.”

Albert einstein

Apapun pekerjaan kamu, saya yakin kamu pasti akan menemui masalah yang harus kamu selesaikan.

Perusahaan tentunya tidak ingin menambah beban dengan merekrut orang-orang yang suka mengeluh dan tidak bisa menyelesaikan masalah yang dia hadapi.

Bisa jadi di kemudian hari itu justru akan mempengaruhi kinerja karyawan lain juga yang awalnya punya penyelesaian masalah yang baik, namun karena ada temannya yang suka mengeluh akhirnya terbawa.

Skill ini bisa kamu pelajari dimulai dengan belajar memecahkan masalah pribadimu, kamu harus punya kerangka berfikir untuk menyelesaikan setiap masalah.

Buat saya, ketika ada masalah, hal yang pertama yang saya lakukan untuk menangi masalah tersebut adalah dengan mencari dan mengetahui apa penyebab masalah itu terjadi.

Misalnya, suatu ketika saya merasa sangat malas dan tidak mengerjakan apa apa.

Saya merasa itu adalah sebuah masalah, saya menemukan bahwa itu terjadi karena saya terlalu banyak menggunakan smartphone dan bermain media sosial.

Ketika saya sudah mengetahui penyebabnya yaitu karena terlalu banyak bermain media sosial, langkah selanjutnya adalah mencari alternatif solusi agar saya bisa mengatasi masalah tersebut.

Karena penyebab utamanya adalah bermain media sosial, maka saya harus menghentikan kegiatan tersebut dan menggantikannya dengan kegiatan lain misalkan berolahraga, sekedar menikmati suasana diluar rumah, atau menulis.

Cara-cara sederhana seperti itu bisa kamu lakukan untuk melatih bagaimana cara kamu memecahkan sebuah masalah.

3. Bekerja dalam Tim

Bukanlah hal yang mudah untuk bisa bekerja dalam tim, jadi ini skill yang juga harus kamu latih.

Kamu dituntut untuk bisa memahami sudut pandang orang lain tentang sesuatu jika bekerja dalam tim.

Banyak kasus karyawan yang kurang harmonis karena masing-masing egois dengan pendapat dan sudut pandangnya sendiri.

Biasanya sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan berkaitan tidak hanya pada satu divisi, dan di setiap divisi bisa lebih dari satu orang.

Jadi setiap divisi saling berkaitan dengan divisi lainnya.

Itulah kenapa, setiap lowongan pekerjaan biasanya tertulis kualifikasi mampu bekerja secara tim.

4. Kepemimpinan

Tidak hanya supervisor atau manajer yang harus memiliki skill kepemimpinan, kamu sebagai seorang karyawan juga membutuhkan skill ini.

Contoh kecilnya, salah satu karakter pemimpin adalah harus mampu mengambil keputusan, kamu sebagai seorang karyawan di waktu-waktu tertentu juga harus melakukan pengambilan keputusan.

Keputusan untuk membicarakannya dengan timmu ketika menemui masalah, keputusan untuk mengungkapkan sesuatu yang menurutku kurang sesuai dan lain sebagainya.

Setiap orang hakikatnya adalah seorang pemimpin, jadi kamu juga harus memiliki skill sorang pemimpin.

5. Kemampuan kerja dibawah tekanan

Setiap pekerjaan pasti ada tekanannya, baik itu karena jumlah load pekerjaan yang banyak atau pekerjaan yang menuntut kita berfikir keras untuk mengerjakannya.

Jangan pernah berfikir atau berekspektasi kamu akan merasa nyaman dalam sebuah pekerjaan, karena saya yakin masing-masing punya tantangan.

Belajarlah bagaimana mengelola emosimu ketika sedang ada tekanan baik itu dari atasan, pekerjaan yang sedang kamu kerjakan atau dari lingkunganmu.

Jika kamu sudah menyadari bahwa setiap pekerjaan punya tantangan dan tekanan merupakan suatu hal yang wajar dalam sebuah pekerjaan, seharusnya kamu lebih bisa mengontrol emosimu ketika sedang menghadapi kondisi tersebut.

. . . . .

Penutup

Beberapa skill diatas hanyalah sedikit dari sekian banyak soft skill yang perlu kamu pelajari sebelum terjun di dunia kerja.

Skill-skill diatas akan membantumu untuk menjalankan sebuah pekerjaan dengan baik dan mengatasi masalah-masalah dengan solusi terbaik.

Jangan pernah menganggap sebuah pekerjaan mudah dilakukan jika kamu sendiri belum pernah melakukannya.

Jika saat ini kamu belum terjun di dunia kerja, lebih baik kamu mulai membelajari skill-skill tersebut untuk mempersiapkan diri kamu terjuan di dunia kerja, itu juga akan membantumu meningkatkan kualitas dirimu.

Semoga membantu.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like