6 Cara Mengatasi Rasa Khawatir Berlebihan

Mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi sama halnya seperti kamu meramal hal buruk di masa depan.

Hal itu jelas tidak baik jika kamu ingin terus berkembang.

Bayangkan jika kamu diberikan kemampuan untuk mengetahui sesuatu hal buruk yang akan terjadi pada kamu dimasa depan, kira-kira perasaan apa yang akan muncul?

Jelas kamu akan ketakutan dan juga cemas hal tersebut akan benar-benar terjadi, dan dan hal itu justru akan membuatmu terperangkap dalam kondisi negatif tersebut jika kamu tidak berusaha untuk mengatasinya.

Sama halnya ketika kamu sering menghawatirkan secara berlebihan sesuatu yang belum tentu terjadi, kamu juga akan terus merasa dihantui bayangan buruk yang kamu takutkan itu akan kamu alami.

Selain bisa menghambat kamu untuk berkembang, perasaan khawatir berlebihan juga bisa membuat kamu :

  • Takut untuk memulai sesuatu karena khawatir akan gagal
  • Ragu-ragu Ketika harus mengambil keputusan
  • Susah merasa bahagia
  • Lambat dalam menyelesaikan masalah

“Kamu tidak bisa mengubah masa depanmu. Tapi kamu bisa mengubah kebiasaanmu. Dan tentu saja kebiasaanmu akan mengubah masa depanmu. ”

A.P.J. Abdul Kalam

. . . . .

Jika saat ini kamu sadar merasa sering mengalami hal ini, kamu harus segera menyelesaikannya.

Munculnya kekhawatiran tersebut biasanya disebabkan karena kamu terlalu memikirkan hal yang terlalu kamu buat rumit padahal sebenarnya hal tersebut bisa dilakukan dengan cara sederhana.

Selain itu juga biasanya karena kamu terlalu menghawatirkan hasil dari sesuatu yang kamu usahakan, seperti takut gagal dan lain sebagainya.

dan yang terakhir yang juga sering menjadi penyebab kekhawatiran adalah mengkhawatirkan respon dari orang lain, misalnya ketika kamu melakukan sesuatu, kamu khawatir akan mendapat respon buruk dari orang lain, diremehkan dan lain sebagainya.

Jangan membiarkan kondisi tersebut kamu anggap sepele dan kamu biarkan berlarut-larut.

Kamu bisa meminimalisir atau mengatasi perasaan khawatir berlebihan dengan lebih menumbuhkan 5 perasaan positif berikut :

#1. Berusaha untuk selalu merespon positif

Munculnya kekhawatiran bisa disebabkan karena efek dari luar dan juga dari dalam diri kamu sendiri.

Tapi, kamu harus yakin dan menanmkan bahwa yang bertanggung jawab mengendalikan persaan dan respon yang kamu lakukan adalah diri kamu sendiri.

Contohnya ketika muncul hal negatif seperti perasaan khawatir, kamu harus segera bisa menyelesaikan masalah itu karena kamu percaya semua kendalinya berada di tanganmu.

Jika yang muncul adalah respon negatif juga seperti mengeluh, itu juga atas kehendakmu sendiri.

Padahal, jika kamu sadar bahwa kendali itu kamu sendiri yang pegang, seharusnya kamu bisa memilih untuk mengeluarkan respon positif ketika perasaan khawatir itu datang tiba-tiba.

#2. Fokus Mencari solusi daripada terus memikirkan masalah

Setiap orang pasti akan menghadapi masalah, bahkan bisa dibilang orang yang hidupnya merasa tidak pernah menghadapi masalah, mungkin saja dirinyalah yang bermasalah.

Kemampuan memecahkan masalah menjadi salah satu skill utama yang harus kamu miliki, bahkan sekarang sudah banyak perusahaan yang menjadikan skill problem solving sebagai salah satu syarat yang harus dimiliki calon karyawannya.

Ketika kamu menghadapi masalah dalam hal ini adalah perasaan khawatir, jangan langsung seketika memberikan respon, yang harus kamu lakukan adalah mencari tau apa masalah yang menyebabkan kamu merasa khawatir.

Jika sudah menemukan masalahnya, tugasmu selanjutnya adalah menyelesaikan masalah yang sudah dan menemukan solusi terbaik sehingga masalah itu bisa teratasi.

Jangan menghabiskan tenaga dan fikiranmu untuk terus menerus memikirkan masalah, tapi tidak pernah berusaha untuk menemukan solusinya.

Anggap saja kamu sedang melatih kemampuan problem solving kamu setiap kali masalah datang yang menyebabkan kamu merasa khawatir berlebihan.

#3. Tidak semua opini harus kamu dengarkan

Kamu mungkin pernah mengalami dimana kamu sudah yakin pada sesuatu yang akan kamu lakukan atau bahkan sudah kamu lakukan, tetapi pada akhirnya kamu jadi ragu karena opini dari orang lain.

Setelah mendengarkan opini-opini orang, kamu akhirnya memikirkan itu sebagai sebuah saran dan akhrinya membuatmu merasa begitu khawatir ketika ingin memutuskan tetap memulai dan melajutkan sesuatu yang sudah kamu yakini.

Kamu harus tau, bahwa tidak semua opini orang harus kamu dengarkan, kalaupun kamu terpaksa mendengarkan, opini tersebut tidak harus jadi pertimbanganmu.

Jika memang kamu merasa opini tersebut hanya akan mematahkan semangatmu, sebaiknya lupakan saja dan jangan dipikirkan.

Ketika kamu memang sudah yakin pada sesuatu, yakin bahwa itu akan membawa hal baik pada kamu, segera lakukan, karena kamu sendiri yang tau apa yang ingin kamu lakukan dan apa yang ingin tuju.

Tidak perlu lagi merasa khawatir jika kamu punya rencana dan tujuan yang jelas.

#4. Melakukan hal baik akan mendapatkan hal baik

Percayalah bahwa jika kamu melakukan sesuatu yang baik maka kelak kamu akan mendapatkan balasan baik juga.

Menanamkan hal ini pada diri kamu bisa membantumu mengurangi resiko mengalami perasaan khawatir yang berlebihan.

Kamu tidak akan lagi merasa khawatir karena kamu tau bahwa yang lakukan adalah sesuatu yang tujuannya baik, tidak ada maksud untuk membohongi atau menyakiti siapapun.

Jika ada yang menganggap apa yang kamu lakukan tidak menguntungkan buat kamu, itu hak mereka untuk berpendapat dan kamu tidak perlu mengkhawatirkan opini orang lain yang berada diluar kendalimu.

#5. Sesekali kamu butuh mengambil Jeda

Selain memulai sesuatu hal baru, mempertahankan dan konsisten melakukan apa yang sudah kamu mulai adalah sesuatu yang tidak mudah dilakukan.

Ketika kamu sudah mencoba segala cara untuk mengatasi perasaan khawatir berlebihan tapi masih saja gagal.

Solusinya mungkin kamu butuh mengambil jeda dari aktifitas yang membuatmu khawatir.

Cobalah untuk sejenak meluangkan waktu untuk melakukan evalusi apakah yang kamu lakukan saat ini sudah sesuai rencana kamu atau tidak?

Apakah yang kamu lakukan saat ini masih sejalan menuju pencapaian tujuanmu atau tidak?

Jika memang semuanya masih sesuai dengan rencana dan tujuanmu, tidak ada alasan lagi untuk kamu mengkhawatirkan apa yang akan terjadi.

#6. Semua sukses butuh proses

Saya yakin kamu sudah tau hal ini

Dibalik kesuksesan sesorang pasti ada proses panjang dan usaha keras yang mereka lalui sehingga bisa mencapai apa yang mereka inginkan yaitu kesuksesan.

Kamu harus paham hal ini agar kamu tidak lagi khawatir ketika kamu melakukan sesuatu menuju kesuksesanmu, atau ketika kamu merasakan kegagalan dan harus memulai semuanya kembali.

Tapi, dari kegagalan itu ada sesuatu yang bisa kamu pelajari agar apa yang sudah kamu alami itu tidak terjadi di kemudian hari.

Orang-orang sukses diluaran sana pasti melalui jalan mereka dengan disiplin dan kerja keras yang mungkin tidak pernah dia tunjukkan kepada orang lain.

Orang lain hanya melihat dari apa yang sudah dicapai orang-orang sukses tersebut dan menganggapnya sebagai sebuah keberuntungan.

Proses panjang yang kamu lalui akan melatihmu menjadi seseorang yang tangguh jika kamu terus belajar.

Sepanjang dan sekeras apapun proses yang kamu lalui, kamu tidak akan mendapatkan apa apa jika tidak belajar dari kegagalan demi kegagalan yang kamu alami.

. . . . .

Penutup

Perasaan khawatir terkadang tidak bisa kita duga datangnya dan kita juga tidak pernah tau seberapa besar efek dari perasaan khawatiran yang akan kita alami tersbut.

Kamu tidak bisa menolak jika tiba-tiba kekhawatiran, yang bisa kamu lakukan adalah belajar bagaimana cara mengatasi ketika perasaan khawatir itu datang.

Jangan biarkan kekhawatiran menguasai diri kamu sehingga bisa menghentikan langkah baik yang akan atau sudah kamu mulai

Semoga bermanfaat

0 Shares
2 comments
  1. Mantap x sangat membantu menambah wawasan dan pengetahuan saya , dan saya sangat terinspirasi karna saya pernah mengalami nya. Jadi ini masukkan yg sangat bermanfaat dan berarti buat saya. Terimakasih mas aji Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like