3 Benda ini Membuat Produktifitas Saya Meningkat 70%

Saya tidak menyesal pernah membeli 3 benda ini, karena sangat membantu saya untuk lebih produktif setiap hari.

Bagi saya, alat memiliki peran penting dalam produktifitas.

Meskipun ada yang bilang bahwa produktifitas dimulai dari diri kita sendiri, namun saya yakin jika didukung dengan alat yang memadai, produktifitas itu bisa lebih meningkat.

Contohnya misalkan saya adalah seorang yang berkecimpung di dunia editing video, saat ini saya sudah punya laptop namun spesifikasinya tidak terlalu tinggi, sehingga sering kali mengalami non responding ketika melakukan editing yang cukup berat.

Saya memang tetap bisa mengedit video dengan memaksimalkan alat yang ada, namun jelas itu akan membatasi diri saya dan menghambat pekerjaan saya.

Beda cerita ketika saya memiliki laptop dengan spesifikasi yang mendukung, tentunya itu akan jauh lebih mempermudah pekerjaan saya sehingga bisa meningkatkan produktifitas.

Oleh sebab itu saya memutuskan untuk membeli benda-benda yang memang mampu meningkatkan produktifitas saya baik itu dalam kegiatan sehari-hari maupun untuk pekerjaan.

. . . . .

#1. Laptop dengan spesifikasi yang saya butuhkan

Saat ini lebih dari 10 jam setiap hari saya menghabiskan waktu di depan laptop.

Selain untuk kebutuhan pekerjaan, saya juga membutuhkannya untuk menulis, sesekali juga untuk mengedit foto dan beberapa aktifitas lainnya.

Setelah lulus kuliah, saya bekerja di salah satu start up digital dalam bidang pendidikan, yang kebetulan CEO-nya adalah dosen saya sendiri.

Dulu ketika saya masih kuliah, memiliki laptop dengan spesifikasi tinggi menjadi salah satu mimpi saya, namun karena belum memiliki pekerjaan dan tidak mungkin juga kalau minta ke orang tua, saya tentu harus bersabar untuk bisa membelinya.

Saya pernah membayangkan kalau punya laptop yang mendukung pasti saya bisa semangat belajar banyak hal dan jauh lebih produktif.

Setelah beberapa satu tahun lebih bekerja dan berusaha untuk mengumpulkan uang, saya akhirnya memtuskan untuk membeli laptop yang menurut saya lebih bagus.

Sebelumnya saya masih menggunakan laptop lenovo thinkpad seri lama yang ketebalannya sepertinya lebih tebal dari tekad saya, jelas berat untuk dibawa kemana mana.

Saya memutuskan mengganti laptop saya tersebut dengan Macbook air tahun 2013.

kenapa belinya yang tahun 2013? uang saya cukupnya buat beli yang itu.

Namun, saya rasa spesifikasinya sudah sangat cukup buat mendukung pekerjaan saya dan produktifitas saya sehari hari.

Ini menjadi barang paling mahal pertama yang berhasil saya beli dengan uang saya sendiri, buat kamu mungkin itu tidak seberapa, tapi itu jadi salah satu kebanggan bagi diri saya sendiri.

Namun, sebelum membelinya saya berjanji pada diri saya

  • Saya harus bisa lebih produktif
  • Saya harus bisa memanfaatkan laptop itu dengan baik
  • Saya harus menghasilkan menggunakan laptop itu.

Jelas, setelah membeli barang yang cukup mahal buat saya, saya tidak mau merasa rugi dan kecewa.

Jadi, sebisa mungkin saya harus bisa memanfaatkan alat ini dengan baik.

Saya merasa, dengan adanya laptop ini, saya jauh lebih bersemangat untuk mengerjakan banyak hal seperti menyelesaikan pekerjaan, menulis, dan melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan kualitas diri saya.

Selain itu, karena lebih mudah dan ringan dibawa kemana-mana, saya jadi lebih produktif meskipun ketika lagi ngopi, ataupun lagi jalan-jalan sekalipun.

Intinya, laptop saya saat ini membuat saya merasa jauh lebih produktif.

#2. Smartphone

Selain laptop, barang kedua yang sudah pasti saya gunakan setiap hari adalah smartphone.

Beberapa bulan lau saya memutuskan membeli iPhone X untuk menggantikan smartphone lama saya.

Sebelumnya saya menggunakan android yang saya dapat dari hadiah lomba foto, hp yang saya gunakan satu setengah tahun itu sudah sangat lemot dan jelas itu menjengkelkan buat saya.

Pekerjaan saya dan aktifitas saya jadi terhambat juga.

Saya juga sering menggunakan hp untuk membuat konten-konten yang saya unggah di media sosial, oleh karena itulah saya merasa sangat membutuhkan spesifikasi hp yang lebih mendukung.

Setelah beberapa bulan menggunakan iPhone X ini, saya merasa sanagat terbantu karena performanya buat saya sangat baik.

Salah satu yang saya suka adalah kualitas kameranya, saya merasa jadi lebih semangat ketika ingin membuat konten baik dalam bentuk foto atau video.

Meskipun itu sangat membantu produktifitas saya, tidak saya pungkiri juga kadang menggunakan media sosial terlalu berlebihan yang justru membuang-buang waktu berharga saya.

#3. Earphone

Mendengarkan musik ketika bekerja menjadi cara saya untuk tetap fokus dan berkonsentrasi.

Meskipun harganya tidak seberapa, membeli earphone sangat membatu saya lebih produktif terutama ketika bekerja.

Saya merasa sangat nyaman ketika mendengarkan musik-musik slow tanpa vocal.

Kenyamanan kerja setiap orang tentu berbeda, ada yang nyaman ketika bekerja kantor, namun ada juga yang merasa bisa menyelesaikan banyak pekerjaan ketika sedang berada di cafe ataupun di working space.

Setiap orang harus mengetahui rasa nyaman mereka masing-masing dimana, karena kita sendirilah yang harus menciptakan kenyamanan tersebut.

. . . . .

Penutup

Saya merasa dengan memutuskan membeli dan memanfaatkan barang-barang diatas, produktifitas saya meningkat dibandingkan sebelumnya.

Didukung dengan alat-alat yang memadai membuat saya lebih semangat untuk malakukan hal-hal yang membuat saya lebih baik setiap harinya.

Kalau buat kamu, barang apa yang mendukung produktifitasmu saat ini?

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like