2 Hal yang Orang Lakukan Jika Uang Tak Lagi Penting

Salah satu pertanyaan tentang uang yang masih saya ingat sampai hari ini.

Jika kamu mampu menjawab pertanyaan ini dan berani mengambil keputusan untuk melakukannya, kamu akan menemukan siapa diri kamu sebenarnya.

Apa yang ingin kamu lakukan jika uang tak lagi penting?

Saya menemukan pertanyaan itu beberapa tahun lalu ketik saya sedang belajar bagaimana cara menemukan jati diri.

“Mengenal diri sendiri adalah awal dari semua kebijaksanaan.”

– Aristoteles

. . . . .

Perangkap Uang

Makna dari pertanyaan diatas bagi saya cukup mendalam.

Penyebab terkuat yang manjadikan banyak orang kesulitan menemukan jati dirinya adalah karena perangkap uang.

Segala sesuatu yang kita lakukan selalu ada kaitannya dengan uang. seperti pendidikan, pekerjaan, hobi, hubungan dan masih banyak lagi.

Hal itulah yang seringkali membuat kita merasa bimbang antara melakukan apa yang kita sukai yang belum tentu bisa menghasilkan uang, atau melakukan sesuatu yang sudah jelas menghasilkan uang meskipun kegitannya sama sekali tidak kita sukai.

Berikut adalah 2 alasan kenapa uang memiliki pengaruh yang begitu besar terhadap kehidupan setiap orang sampai hari ini.

#1. Uang masih menjadi ukuran kesuksesan seseorang

Keinginan untuk mencapai kesuksesan dalam hidup tentunya dimiliki sebagian besar orang.

Di dunia yang kita tinggali saat ini, semua orang mengukur kesuksesan dari berapa banyak uang atau harta yang berhasil kita kumpulkan.

Seseorang dianggap menjadi orang yang sukses karena bisa mebangun rumah mewah, memiliki koleksi mobil yang jumlahnya bahkan sampai puluhan, dan juga bentuk kekayaan lain yang hanya bisa dimiliki menggunakan uang.

Semakin banyak harta kekayaan yang kita kumpulkan makan kita akan dianggap semakin sukses.

#2. Sebagian besar kebutuhan hidup memerlukan uang

Tidak bisa dipungkiri segala sesuatu saat ini membutuhkan uang, bahkan untuk sekedar buang air kecil saja kita harus mengeluarkan sejumlah uang.

Kehidupan memang tidak terlepas dari memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti makan, minum, pakaian, dan juga tempat tinggal. itu semua membutuhkan uang.

Apalagi jika yang kita inginkan adalah makanan dan minuman yang lezat, baju yang sedang trend, serta rumah yang besar, bersih, dan nyaman.

Lebih banyak uang yang kita butuhkan dan itu juga membuat kita harus berusaha lebih keras lagi untuk mendapatkannya.

Segala sesuatu yang dilakukan tujuaannya adalah agar tetap bisa memenuhi kebutuhan dan terus berusaha untuk bisa menjadi seseorang yang sukses.

5 Hal Penting Tentang Uang yang Harus Kamu Ketahui

Lalu bagaimana jika uang tak lagi penting?

Saya yakin banyak sekali hal yang ingin kamu lakukan jika ternyata uang tidak lagi penting.

Disini saya mengartikan bahwa uang bukan lagi jadi pertimbangan untuk melakukan sesuatu, atau jika diambil dari dua poin sebelumnya, semua kebutuhanmu sehari-hari sudah pasti terpenuhi dan kamu tidak terlalu berambisi untuk dianggap menjadi seseorang yang sukses.

Saya mengambil kesimpulan bahwa secara normal ada dua hal yang akan orang lakukan jika uang tidak lagi penting

#1. Melakukan apa yang mereka sukai

Tidak sedikit orang yang saat ini terpaksa melakukan pekerjaan yang sama sekali tidak mereka sukai namun karena membutuhkan uang dari pekerjaan tersebut, mereka terpaksa melakukannya.

Alasan kenapa orang masih tetap bertahan dalam kondisi tersebut adalah karena mereka punya tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Disisi lain, ada yang merasa karena sudah terlanjur melakukan pekerjaan tersebut selama beberapa bulan atau bahkan tahun, jadi mereka tidak mau ambil resiko untuk keluar dan mencari pekerjaan baru lagi.

Jika kedua tipe orang diatas itu merasa uang tidak lagi hal utama bagi mereka, saya yakin inilah yang akan mereka lakukan :

  • Melakukan hobi mereka yang sebelumnya tidak sempat dilakukan, seperti memancing, bersepeda, mendaki gunung, menulis, berkebun, travelling, menjadi fotografer atau videografer dan apapun yang kaitannya dengan hobi.
5 Soft Skill yang Kamu Butuhkan di Dunia Kerja

#2. Membuat diri mereka bermanfaat bagi orang lain

Didalam diri setiap orang punya jiwa sosial dan ingin bermanfaat bagi orang lain.

Hal kedua yang akan orang lakukan setelah melakukan apa yang mereka sukai adalah menjadi seseorang yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain, setidaknya bagi keluarga mereka.

Saat kamu sudah bisa melakukan apapun yang kamu inginkan dan sudah tidak ada lagi yang kamu khawatirkan tentang uang, jika kamu ditanya apa yang ingin kamu lakukan selalnjutnya, jawabannya adalah membahagiakan orang-orang yang kamu sayangi.

Kamu pastinya ingin menjadikan hari-harimu lebih bermakna dengan membahagiakan orang-orang yang kamu sayangi.

Setelah itu, mungkin iya atau mungkin juga tidak, kamu ingin menjadi bermanfaat untuk orang lain diluar keluargamu.

. . . . .

Penutup

Perangkap uang pada akhrinya membuat siapun yang tidak punya keinginan dan keyakinan yang kuat akan melupakan cara untuk menemukan jati dirinya.

yang terpenting bagi mereka adalah bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan berusaha semaksimal mungkin untuk terus menghasilkan uang yang lebih banyak.

Jika saat ini kamu masih punya kesempatan untuk tidak masuk dalam perangkap tersebut, belajarlah bagaimana cara menemukan jati dirimu.

Salah satu caranya adalah dengan mengetahui apa yang sejujurnya ingin sekali kamu lakukan jika uang tidak lagi penting.

Keberanian mengambil resiko untuk melakukan apa yang kamu yakini juga membantu kamu menemukan siapa diri kamu sebenarnya.

0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like